Selasa 25 May 2021 23:29 WIB

807 Anggota Polres Kudus Jalani Tes Cepat Antigen

Rapid test antigen berlangsung di lapangan Polres Kudus.

807 Anggota Polres Kudus Jalani Tes Cepat Antigen (ilustrasi).
Foto: MUHAMMAD IQBAL/ANTARA
807 Anggota Polres Kudus Jalani Tes Cepat Antigen (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Sebanyak 807 anggota Polres Kudus, Jawa Tengah, pascapengamanan Operasi Ketupat Candi 2021 menjalani tes cepat (rapid test) antigen guna memastikan ada tidaknya anggota yang terpapar COVID-19.

Menurut Kapolres Kudus AKBP Aditya Surya Dharma ratusan anggota yang mengikuti rapid test antigen berlangsung di lapangan Polres Kudus dengan melibatkan Polisi Urusan Kesehatan (Urkes) Poliklinik Polres Kudus. Sasarannya, mulai dari pejabat utama (PJU), bintara, PNS di lingkungan Polres Kudus.

Pemeriksaan tersebut, kata dia, penting karena untuk pencegahan secara dini penyebaran COVID-19, mengingat anggota kepolisian sering bertugas di lapangan. "Tes ini sebagai deteksi dini khususnya bagi anggota yang melaksanakan tugas pengamanan Operasi Ketupat Candi 2001 sebagai langkah meminimalkan COVID-19," ujarnya, Selasa (25/5).

Kapolres Kudus berpesan kepada seluruh anggota yang bertugas di lapangan untuk tidak lengah menerapkan protokol kesehatan karena petugas lapangan rentan tertular COVID-19 karena sering berinteraksi dengan orang lain. Polres Kudus juga melaksanakan penyemprotan dengan cairan disinfektan di beberapa lokasi di wilayah Kudus demi mencegah penyebaran penyakit virus corona.

 

Upaya lain untuk memutus mata rantai penularan, yakni dengan melakukan pembubaran terhadap warga yang melakukan pembubaran warga yang berkerumun dengan melibatkan tersonel gabungan dari TNI/POLRI, Satpol PP, Dishub, dan BPBD Kudus.

Hasil sementara untuk beberapa personel yang sudah menjalani tes cepat, sebagian besar negatif dan ada beberapa anggota yang hasilnya reaktif diminta melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan dari Urkes Poliklinik Polres Kudus.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement