Jumat 28 May 2021 18:08 WIB

Jadikan Sepeda Moda Transportasi, Yogya Siapkan Rute Khusus

Pemkot sudah menyiapkan beberapa pemberhentian khusus sepeda di desa-desa.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Bersepeda (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Bersepeda (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berencana untuk menjadikan sepeda sebagai salah satu moda transportasi di Kota Yogyakarta. Rute-rute khusus untuk sepeda pun kini tengah disiapkan.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, upaya ini dilakukan dalam rangka menjadikan Yogyakarta menjadi ramah lingkungan. Selain itu, diharapkan dapat membiasakan masyarakat untuk bersepeda dibandingkan menggunakan transportasi yang tidak ramah lingkungan.

"Salah satu cara dalam mengusahakan Yogya ramah lingkungan adalah pembatasan kendaraan masuk di Yogya dan mengganti kendaraan menjadi kendaraan yang lebih ramah lingkungan, termasuk membiasakan masyarakat untuk bersepeda," kata Heroe, Jumat (28/5).

Sepeda yang dijadikan sebagai moda transportasi ini rencananya tidak hanya untuk wisata. Namun, juga akan dijadikan sebagai moda transportasi sehari-hari seperti untuk bekerja dan berolahraga bagi masyarakat.

Heroe menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa pemberhentian khusus sepeda di desa-desa. Perbaikan sarana dan prasarana jalan khusus sepeda untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya juga dilakukan.

"Upaya agar 'Jogja Lebih Bike' dalam konteks bisa mengubah kebiasaan masyarakat menjadi bersepeda, kita harus menyiapkan berbagai macam upaya yang memungkinkan masyarakat punya semangat untuk bersepeda," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement