Ridwan Kamil Ketagihan Makan Kaldu Kokot Khas Jatim

Red: Ratna Puspita

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat berkunjung ke Islamic Center di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/5/2021). Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut untuk melihat secara langsung kondisi Islamic Center yang rencananya akan dibangunkan masjid dengan arsitektur yang lebih baik.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri) berbincang dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat berkunjung ke Islamic Center di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/5/2021). Kunjungan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut untuk melihat secara langsung kondisi Islamic Center yang rencananya akan dibangunkan masjid dengan arsitektur yang lebih baik. | Foto: ANTARA/Moch Asim

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku ketagihan meski baru pertama kali mencoba makanan kaldu kokot (sop kaki sapi). Kaldu kokot merupakan salah satu kuliner khas Jawa Timur. 

"Makanan itu di Jawa Barat tidak ada, dan ternyata enak-enak, rasanya luar biasa. Jadi Alhamdulillah bisa makan kokot," ujarnya usai bertemu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Sabtu (29/5) siang.

Selain mencoba kaldu kokot yang merupakan makanan khas Madura, gubernur yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga mencoba Lontong Kupang yang juga kuliner khas Jatim. "Tujuan utama saya ke Surabaya ya hanya itu, makan kokot dan lontong kupang. Tapi, di Surabaya memang banyak memori dan saya senang di sini. Tadi juga lewat Gedung Gramedia Ekspo yang pernah saya desain dulu," ucap dia.

Tak itu saja, Kang Emil juga disuguhi buah mentega yang pohonnya tumbuh di halaman belakang Gedung Negara Grahadi. Bahkan, Gubernur Khofifah yang mengupas sendiri buah asli pedalaman Kalimantan Tengah tersebut dan menyuguhkan potongan buahnya ke Kang Emil.

Baca Juga

"Buah ini seumur hidup baru saya lihat. Namanya buah mentega. Rasanya seperti makan mentega yang padat, tapi sedikit ada rasa buah. Kepadatan mentega, tapi harumnya buah," tuturnya.

Mantan wali kota Bandung tersebut juga berkesempatan melihat sungai Kali Mas dari sisi sungai yang letaknya persis di halaman belakang Grahadi. 

Sementara itu, Gubernur Khofifah yang didampingi Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak berterima kasih kepada Ridwan Kamil atas kedatangannya di Jawa Timur, khususnya di Surabaya. "Beberapa waktu lalu saya ke Jawa Barat, menyampaikan di Islamic Center Surabaya yang milik Pemprov, ingin ada masjid yang representatif. Tak hanya diperluas, tapi arsitektur-nya update. Saya mohon ke Pak Ridwan Kamil untuk mendesain-nya," tutur Khofifah.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Kang Emil Ajak Gapensi Kembangkan Ilmu Arsitektur Baru

Ulama dan Umara Jatim Doa Bersama untuk Palestina

Stok Tinta KTP Elektronik di Kota Cirebon Hampir Habis

Tingkat Pengangguran Terbuka di Magetan Capai 3,74 Persen

Pulihkan Ekonomi, Pemprov Jatim Perkuat Desa Wisata

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark