Senin 31 May 2021 10:44 WIB

Bandara Jenderal Besar Soedirman Layani Dua Rute Penerbangan

Citilink melayani rute Perbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya dua kali sepekan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, menjelang pengoperasian oleh Angkasa Pura II.
Foto: AP II
Runway Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, menjelang pengoperasian oleh Angkasa Pura II.

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah, melayani dua rute penerbangan mulai Kamis (3/5). "Penerbangan komersial dilakukan di Bandara JB Soedirman, Wirasaba, Kabupaten Purbalingga, dengan melayani dua rute penerbangan," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Senin (31/5)

Dyah menambahkan, Bandara JB Soedirman siap beroperasi mulai Selasa (1/6). Adapun agenda pada awal Juni 2021, adalah proving flight atau penerbangan pembuktian dalam rangkaian uji coba menuju beroperasionalnya Bandara JB Soedirman. "Dengan rute Surabaya menuju Purbalingga," katanya.

Adapun pada Kamis, adalah jadwal dibukanya penerbangan komersial perdana di Bandara JB Soedirman, dengan rute Purbalingga menuju Jakarta dan Purbalingga menuju Surabaya, serta sebaliknya. Dyah menambahkan, untuk mendukung persiapan operasional bandara itu, Jumat (28/5), sudah dilakukan simulasi pelayanan penumpang dalam rangka menyambut penerbangan komersial.

"Kami juga sudah meninjau kesiapan pengaktifan operasionalisasi bandara," kata Dyah. Dia menambahkan, berdasarkan hasil peninjauan diketahui berbagai persiapan yang dilakukan telah berjalan dengan baik dan lancar. "Hingga saat ini semuanya berjalan lancar dan diharapkan akan terus lancar hingga jadwal penerbangan perdana," katanya.

 

Station Manager Citilink Purbalingga, Muhamad Mulyanudin menambahkan, untuk penerbangan perdana 3 Juni 2021, tingkat penjualan tiket sudah hampir 50 persen. "Sementara baru melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya serta sebaliknya, dua kali sepekan, yakni setiap Kamis dan Sabtu," kata Mulyanudin.

Citilink yang melayani rute Purbalingga, kata dia, optimistis animo calon penumpang tinggi sehingga tidak tertutup kemungkinan nantinya frekuensi jadwal penerbangan akan ditambah. "Jika terus meningkat maka ada kemungkinan nantinya frekuensi jadwal penerbangan akan ditambah," ucap Mulyanudin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement