Kamis 03 Jun 2021 17:37 WIB

Forum Zakat Komitmen Bantu Tangani Masalah Covid-19

Total himpunan dana bantuan Covid-19 berasal dari anggota OPZ.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Forum Zakat melaksanakan kegiatan Konferensi Pers (Konpers) mengenai Musyawarah Nasional (Munas) FOZ Kesembilan di Kota Batu,
Foto: wilda fizriyani
Forum Zakat melaksanakan kegiatan Konferensi Pers (Konpers) mengenai Musyawarah Nasional (Munas) FOZ Kesembilan di Kota Batu,

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Kolaborasi di antara anggota asosiasi Forum Zakat (FOZ) telah memberikan dampak positif yang luar biasa. Salah satunya dalam membantu menangani masalah Covid-19 di Indonesia.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FOZ, Nana Sudiana mengungkapkan, total Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang tergabung dalam asosiasinya mencapai 163 lembaga. "Dari 163 anggota, kurang lebih tujuh bulan kami sama-sama menghimpun dana sesuai catatan kami Rp 567 miliar untuk membantu menangani Covid-19 di Indonesia," kata Nana kepada wartawan dalam konferensi pers Musyawarah Nasional (Munas) FOZ ke-9 di Kota Batu, Malang, Kamis (3/6).

Total himpunan dana bantuan Covid-19 berasal dari anggota OPZ di seluruh Indonesia. Semua anggota telah memastikan jumlahnya lalu berkolaborasi dengan yang lain sehingga terkumpul miliaran rupiah. Nana tak menampik, jumlah ini termasuk angka yang siginifikan untuk asosiasinya.

Dengan adanya capaian tersebut, kata dia, ini membuktikan kolaborasi telah memberikan dampak nyata. Selain itu, juga bermanfaat dan bisa membantu dalam banyak hal. Capaian ini juga menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat selama pandemi Covid-19.

"Baik itu dari muzzaki (untuk memastikan) 'di mana zakat yang kami distribusikan', maupun mustahik, 'zakat untuk apa dan apa yang kami bisa dapatkan dari lembaga Baznas dan lembaga zakat lain'," jelasnya.

Menurut Nana, menjalankan kolaborasi termasuk keniscayaan dalam kondisi pandemi Covid-19. Sebab itu, pemerintah bersama lembaga sosial dan zakat memang harus berseiring dalam menghadapi hal tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement