Ganjar Minta Purbalingga Kembangkan Wisata demi Bandara

Red: Ratna Puspita

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri), menyambut pilot maskapai penerbangan Citilink yang mendarat dari Surabaya di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). Sebanyak 24 penumpang mendarat dari Surabaya dan 37 penumpang berangkat menuju Jakarta pada penerbangan komersial perdana di Bandara JBS, menandai dimulainya operasional bandara secara komersial.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri), menyambut pilot maskapai penerbangan Citilink yang mendarat dari Surabaya di Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS), Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis (3/6/2021). Sebanyak 24 penumpang mendarat dari Surabaya dan 37 penumpang berangkat menuju Jakarta pada penerbangan komersial perdana di Bandara JBS, menandai dimulainya operasional bandara secara komersial. | Foto: ANTARA/Idhad Zakaria

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Pemerintah Kabupaten Purbalingga agar kreatif dalam mengembangkan sektor pariwisata untuk menjaga agar Bandara Jenderal Besar Soedirman bisa terus beroperasi. Menurut Ganjar, pengembangan pariwisata adalah salah satu cara yang bisa digunakan untuk meramaikan kunjungan ke daerah itu.

"Setelah ini (Bandara Jenderal Besar Soedirman) jadi, ke depan mau apa. Dengan penerbangan yang belum ramai, maka harus dicarikan ide-ide kreatif," kata Ganjar saat menghadiri pendaratan pesawat komersial perdana di Bandara Jenderal Besar Soedirman, Kabupaten Purbalingga, Kamis (3/6).

Kendati demikian, yang harus diingat dalam pengembangan pariwisata tersebut adalah harus dilakukan secara terbatas karena masih adanyapandemi Covid-19. "Kalau bisa kembangkan pariwisata terbatas misalnya menggelar sport tourismdi sini atau kegiatan lain. Kalau itu bisa jalan, maka orang Jakarta, orang Surabaya dan lainnya tertarik untuk datang," ujarnya.

Paket-paket wisata yang diyakininya bisa menarik minat pengunjung, lanjut Ganjar, bisa dibuat di daerah Purbalingga, misalnya larimarathon, sepeda atau arung jeram. "Di sini punya banyak potensi yang bisa dikembangkan, kita bisa kerja sama dengan maskapai penerbangan, kemudian dengan pariwisata, pelaku UMKM untuk membuat paket-paket wisata yang bagus," katanya.

Baca Juga

Terkait dengan hal itu, Ganjar berharap Bupati Purbalingga dan bupati-bupati di daerah di sekitar Purbalingga bisa berkoordinasi dan bekerja sama agar potensi pariwisata di daerah dapat makin berkembang. "Saya harap para bupati yang ada di kawasan ini segera berkoordinasi, tadi sudah banyak ide-ide yang muncul dan tinggal dilaksanakan. Saya dukung sepenuhnya," tegas Ganjar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Dirut: Citilink Torehkan Sejarah di Bandara Purbalingga

Resmikan Pasar Panican, Ganjar Soroti Soal Sampah

Gubernur Ganjar Sambut Penerbangan Komersial Perdana

Ridwan Kamil Bicara Hubungannya dengan Anies Baswedan

Per Hari Ini, Ada Penerbangan Komersial di Bandara Soedirman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark