Jumat 04 Jun 2021 14:58 WIB

21 Polisi Polsek Cilongok yang Terpapar Covid Sudah Divaksin

Kondisi 21 anggota polisi stabil meski terpapar covid-19.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebanyak 21 anggota polisi dan seorang pekerja /ffice boy di Polsek  Cilongok yang terpapar Covid 19, diketahui sudah mendapat vaksin lengkap. Hal itu diakui Wakapolresta Banyumas AKBP Kristanto Yoga Darmawan.

''Semua anggota memang sudah mendapat vaksin lengkap atau sudah mendapat dua kali penyuntikan vaksin,'' ucap doa, Jumat (4/6).

Baca Juga

Namun dia menyebutkan ada keuntungan  karena  seluruh  anggota yang terpapar sudah divaksin.  Sisi positif tersebut, menyangkut kondisi kesehatan anggotanya yang meski telah terpapar Covid 19, namun tetap  stabil. ''Karena sudah divaksin, efek yang dirasakan bisa dikatakan tidak ada atau masuk kategori OTG (Orang Tanpa Gejala),'' katanya.

Saat ini, kata Wakapolresta, seluruh anggota Polsek Cilongok yang terpapar masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Namun mengutip pernyataan Kapolresta, Kris menyatakan bisa saja nantinya mereka dikarantina di lokasi karantina yang disiapkan Pemkab.

 

''Perintah Pak Kapolresta, kalau mereka tidak kunjung membaik bisa saja dilakukan karantina di Baturraden yang disiapkan Pemkab. Tidak kunjung membaik disini, artinya bila status positifnya tidak cepat berubah negatif,'' katanya.

Selain anggota Polsek yang terpapar, Wakapolresta juga mengakui ada anggota keluarga polisi yang sudah diketahui ikut terpapar. Soal jumlahnya, dia menyatakan datanya ada di Dinas Kesehatan.

''Kami bersama bersama anggota Satgas Covid-19 lainnya masih melakukan tracing,'' katanya.

Mengenai penyebab penyakit tersebut sampai menyebar pada hampir seluruh anggota Polsek, Wakapolresta menyebutkan hal itu berasal dari salah seorang Bhabinkamtibmas Polsek yang mengaku tidak enak badan pada 26 Mei 2021 silam. Namun saat itu yang bersangkutan merasa masih bisa melakukan kegiatan sehingga tetap masuk kantor.

Namun karena sakitnya tak kunjung sembuh, dia kemudian melakukan pemeriksaan swab mandiri pada Ahad (30/5). Dari hasil pemeriksaan tersebut, akhirnya diketahui bahwa anggota polsek tersebut positif Covid 19.

Berdasarkan informasi tersebut, pihak Polresta akhirnya memerintah seluruh anggota Polsek Cilongok yang berjumlah 34 anggota dan seorang office boy melakukan swab PCR. Hasilnya, diketahui ada 21 anggota dan seorang office boy yang positif Covid.

''Sejauh ini baru 22 orang yang positif, 7 orang negatif, dan enam orang yang hasilnya pemeriksaannya belum keluar,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement