Jumat 04 Jun 2021 15:23 WIB

UGM Serahkan Genose C19 ke Ponpes Gus Baha

Produksi Genose terus ditingkatkan seiring dengan tingginya permintaan masyarakat.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UGM Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UGM Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Gadjah Mada (UGM) baru-baru ini menyerahkan bantuan alat deteksi covid Genose C19 ke Ponpes Alquran Narukan, Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang. Bantuan diserahkan dalam rangka mencegah penyebaran covid di kalangan santri.

Rektor UGM, Prof Panut Mulyono mengatakan, kunjungan ini sekaligus mengenalkan Genose C19 sebagai salah satu inovasi yang dihasilkan peneliti UGM. Yang mana, menjadi kontribusi untuk menanggulangi penyebaran covid selama masa pandemi.

Alat yang sudah dikenal luas masyarakat ini sudah digunakan di beberapa stasiun kereta api, terminal dan bandara. Diharap menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk melakukan skrining dan deteksi covid dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu, kata Panut, Genose lebih mudah digunakan di lingkungan pesantren karena hanya menggunakan teknologi kecerdasan buatan. Ia berharap, Genose bisa digunakan di lingkungan pesantren untuk mendeteksi jika ada paparan Covid-19.

"Kita berharap lingkungan pesantren terbebas dari Covid dan nantinya selalu rutin melakukan skrining kesehatan dan pemeriksaan rutin," kata Rektor dalam siaran persnya, Jumat (4/6).

Panut menambahkan, produksi Genose terus ditingkatkan seiring dengan tingginya permintaan masyarakat. Khusus di lingkungan pondok pesantren, UGM menggandeng Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU dalam pendistribusian Genose tersebut.

"Mudah-mudahan alat ini bisa dimanfaatkan dengan baik karena biaya relatif murah dan supaya pesantren terbebas dari Covid," ujar Panut.

Usai penyerahan, KH Bahaudin Nursalim atau Gus Baha, menyampaikan apresiasi ke UGM karena ikut memperhatikan kesehatan santri dan santriwati pesantren melalui Genose. Ia menilai, Genose karya anak bangsa yang patut dibanggakan Indonesia.

"Saya ikut bersyukur karena ini karya putra bangsa dari UGM. Semoga mewakili kebanggan semua rakyat Indonesia karena kita punya penemuan sendiri. Karya ini bentuk ikhtiar kita untuk bisa hasilkan sebuah alat deteksi Covid," kata Baha.

Ia menambahkan, dengan kehadiran Genose masyarakat bisa mendapatkan pilihan alat deteksi yang lebih murah dan mudah digunakan. Bahkan, mampu menginspirasi banyak orang menghasilkan inovasi serupa agar bangsa Indonesia bisa mandiri.

"Semoga kita menjadi bangsa yang mandiri dalam percaturan komunitas global. Mewakili lingkungan pesantren, saya sangat mengapresiasi ini," ujar Baha. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement