Senin 07 Jun 2021 12:34 WIB

Ke Sleman, Sandi Titip Desa Wisata Terus Dikembangkan

Sandi mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh sejak dibentuk 2008.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.
Foto: Dok. Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, berkunjung ke Desa Wisata Pentingsari, Kalurahan Umbulharjo, Kapanewon Cangkringan. Ditemani Bupati Sleman, Kustini Purnomo, kunjungan untuk melihat potensi wisata yang ada.

Usai kunjungan, Sandi mengapresiasi Desa Wisata Pentingsari yang mampu tumbuh dan berkembang sejak dibentuk 2008 lalu. Ia menilai, kesuksesan itu karena ada komitmen dan pengelolaan yang baik, sehingga bisa bertahan dan berkelanjutan.

"Ini menjadi inspirasi untuk desa wisata yang lain", kata Sandi, Sabtu (5/6).

Sandi mengingatkan, agar bisa tetap eksis ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya, keterbukaan, keterlibatan masyarakat, keadilan, inovasi, adaptasi dan kolaborasi. Melalui itu, ia berharap, Desa Pentingsari bisa berkelanjutan.

"Jadi, tidak hanya one hit wonder, hanya satu dua tahun tapi setelah itu tidak berkelanjutan," ujar Sandi.

Di sela-sela kunjungan, Kustini turut mengungkapkan pada Maret lalu Pentingsari baru mendapatkan penghargaan sebagai salah satu Desa Wisata Berkelanjutan 2020. Kesuksesan itu pula yang menarik Menteri Sandi untuk melihat langsung ke lokasi.

Kustini menekankan, keberhasilan Desa Wisata Pentingsari lantaran mampu menjalin sinergi yang baik dengan masyarakat sekitar dan pemerintah. Karenanya, ia berharap, dengan pengelolaan yang baik Pentingsari bisa terus eksis dan berkelanjutan, 

"Serta, menjadi salah satu desa wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Sleman," kata Kustini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement