Selasa 08 Jun 2021 12:21 WIB

Komisi X Minta PTM Hanya di Zona Aman Covid-19

Pemerintah daerah diminta terus melaporkan status Covid-19 terkini. 

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi
Foto: ANTARA/M Risyal Hidayat
Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi X DPR Dede Yusuf Macan Effendi mendukung kembali dilaksanakannya pembelajaran tatap muka (PTM). Namun, pelaksanaannya hanya boleh dilakukan oleh daerah-daerah yang berstatus zona aman dari Covid-19.

“Kita sudah minta yang dibuka hanya daerah yang aman. Artinya kondisi daerah juga sangat perlu diperhatikan," ujar Dede saat dihubungi, Selasa (8/6).

Baca Juga

Pemerintah daerah diminta terus melaporkan status Covid-19 terkini agar pelaksanaan pembelajaran secara luring dapat digelar dengan tetap memperhatikan kesehatan siswa dan tenaga pengajar. "Tujuannya gar tidak terjadi learning loss. Jadi memang ini (PTM) adalah cara memulai kembali proses belajar mengajar yang tertunda selama ini," ujar Dede.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan, seluruh guru harus selesai menerima vaksinasi Covid-19 sebelum pembelajaran tatap muka dimulai. Karena itu, ia meminta kepala daerah agar memprioritaskan vaksinasi Covid-19 kepada para guru dan lansia di wilayahnya.

Pelaksanaan sekolah tatap muka ini nantinya akan dilakukan secara terbatas. Menkes menjelaskan, penyelenggaraan sekolah tatap muka hanya boleh dihadiri oleh maksimal 25 persen murid.

Selain itu, pembelajaran tatap muka ini juga diselenggarakan maksimal dua hari dalam seminggu dengan durasi maksimal dua jam tiap harinya. Budi mengatakan, opsi untuk menghadirkan anak-anak ke sekolah ditentukan oleh masing-masing orang tua. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement