Satpol PP DIY Ancam Tutup Gerai McD

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Petugas keamanan berjaga di salah satu gerai restoran cepat saji McDonald (ilustrasi).
Petugas keamanan berjaga di salah satu gerai restoran cepat saji McDonald (ilustrasi). | Foto: ANTARA /Indrianto Eko Suwarso

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kepala Satpol PP DIY, Noviar Rahmad dengan manajemen McD sudah sepakat untuk tidak lalai menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Pihaknya juga sudah memanggil manajemen McD wilayah DIY usai terjadinya kerumunan dalam antrean pembelian BTS Meal.

"Itu sudah disanggupi oleh manajemen, membuat surat pernyataan dan setelah ini kalau masih ketemu (pelanggaran) ditutup," kata Noviar yang juga Koordinator Satgas Covid-19 DIY Bidang Keamanan dan Penegakan Hukum tersebut di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (11/6).

Penutupan jika ditemukannya pelanggaran protokol kesehatan, kata Noviar, tidak dilakukan secara permanen. Namun, hanya dalam waktu 3x24 "Sekarang sanksi baru peringatan lisan dan tertulis, tapi kita tutup 3x24 jam kalau masih melanggar," ujarnya.

Noviar menuturkan, pihaknya sudah menutup 158 tempat usaha dan destinasi wisata yang ditutup karena tidak mematuhi protokol kesehatan. Namun, penutupannya juga tidak dilakukan secara permanen.

"158 tempat usaha yang kita tutup dengan waktu 3x24 jam sejak Januari, tapi yang permanen belum ada," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kota Yogyakarta, Hery Eko Prasetyo menyebut, manajemen McD pun sudah menutup layanan delivery online sejak 9-11 Juni kemarin Manajemen McD Kota Yogyakarta juga sudah menyatakan permintaan maaf atas kelalaiannya terkait dengan pelanggaran protokol kesehatan.

"Pihak McD yang ada di Kota Yogyakarta langsung menutup aplikasi pesanan online hari itu juga dan hanya menyelesaikan orderan yang sudah masuk. Aplikasi hanya dibuka setengah jam saja dan sampai hari ini masih ditutup," kata Hery saat dikonfirmasi Republika, Jumat (11/6).

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Satpol PP DIY Siap Tutup Gerai McD bila Ada Kerumunan Lagi

Berburu BTS Meal, Erick Thohir Minta Tetap Patuhi Prokes

BTS Meal dan Pendidikan Indonesia

Satpol PP Yogyakarta: Kerumunan McD Sudah Terkendali

Kondisi Beberapa Gerai McD Sehari Setelah Kehebohan BTS Meal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark