UGM Pertahankan Peringkat 254 Dunia di QS WUR

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada | Foto: en.wikipedia.org

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Quacquarelli Symonds QS merilis hasil World University Rankings (WUR) 2022. Tahun ini, Universitas Gadjah Mada (UGM) mempertahankan posisinya di 254 dunia, menjadikannya tetap jadi universitas terbaik di Indonesia versi QS WUR.

Dari enam sisi utama yang dinilai, dan UGM mendapat 38,2 dari tahun sebelumnya 38,4. Mulai academic reputation, employer reputation, citations per faculty, faculty student ratio, international faculty sampai international students.

Pemeringkatan QS WUR 2022 diumumkan 2021 dan menggunakan data 2020. Di samping kemajuan yang dialami UGM di beberapa sisi, ada tantangan yang dihadapi karena ada kejadian di luar kendali manusia yaitu pandemi yang mempengaruhi capaian.

Meski begitu, menghadapi persaingan 1.185 universitas terpilih seluruh dunia, UGM dapat terus kompetitif di 254 universitas terbaik. Capaian ini merupakan hasil kerja keras banyak elemen yang melakukan perbaikan dari sisi internal.

Baca Juga

Seperti menambah jumlah pengajar, mempercepat transformasi pendidikan secara digital, menunjang penelitian dan menjalin kerja sama dengan berbagai mitra dalam dan luar negeri. Serta, memperkuat sinergi dengan pemangku kepentingan.

"UGM tetap teguh kepada mandatnya, bekerja untuk kemanusiaan dan pembangunan bangsa. Ranking bukan tujuan, namun memberi informasi area-area yang masih perlu kerja keras perbaikan," kata PIC Kepala Kantor Jaminan Mutu, Prof Indra Wijaya Kusuma, Jumat (11/6).

Untuk itu, Indra menekankan, UGM berkomitmen untuk melakukan berbagai inovasi agar dampak positif tridarma semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Lalu, secara bersamaan, daya saing yang ditunjukkan antara lain oleh QS WUR juga meningkat. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Kampus Indonesia Dikalahkan Malaysia, Thailand, dan Brunei

Saat Perguruan Tinggi di Indonesia Ketinggalan Kereta

Kemenhub Gandeng UGM Kembangkan Aerotropolis

UGM Pertahankan Posisi Kampus Terbaik di Indonesia Versi QS

UGM Sampaikan Rekomendasi Sikapi Eskalasi Kekerasan di Papua

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark