'Berkreasi Saat Pandemi Bisa Kurangi Jenuh'

Red: Fernan Rahadi

Whipped cream (ilustrasi)
Whipped cream (ilustrasi) | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Menghadapi masa pandemi lebih dari satu tahun, masyarakat di Indonesia mulai jenuh. Bahkan tidak sedikit yang harus menjadi 'tahanan rumah'. Menjalani isolasi ataupun bekerja dan bersekolah dari rumah, banyak orang mulai merasa stres karena terlalu lama terkurung. Sebenarnya banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah. Salah satunya berkreasi membuat aneka dessert yang mudah dan menyenangkan. 

"Selama masa pandemi, tidak sedikit dari kita yang memanfaatkan waktu di rumah saja dengan membuat dessert atau sajian manis. Berkreasi dengan makanan dapat memberikan rasa kepuasan tersendiri atas pencapaian yang dilakukan. Selain menyenangkan dan tetap membuat kita sibuk selama berada di rumah, ternyata membuat kue dapat membantu menjaga kesehatan mental apalagi di tengah pandemi seperti saat ini," ujar Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana, produsen Haan Instant Premix, Sri Utami, dalam siaran pers, Senin (14/6). 

Salah satu studi tentang dampak membuat kue pada kesehatan mental menemukan bahwa aktivitas ini membantu seseorang untuk memiliki tujuan, lebih terstruktur dan meningkatkan motivasi. Dengan membuat kue banyak kegiatan fisik yang terjadi. 

"Mulai dari mengumpulkan bahan, menimbang, menguleni adonan hingga membentuknya menjadi sesuatu yang cantik dan menikmatinya saat sudah jadi terbukti sebagai stress reliever yang dapat meredakan ketegangan. Langkah-langkah ini juga membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang dapat membantu seseorang merasa terpusat dan fokus," papar Sri Utami yang akrab disapa Uut.

Dessert Lezat dan Mudah Dibuat

Di balik kreasi kue atau sajian manis sempat terlintas keraguan untuk mulai membuatnya. Terutama bagi mereka yang belum terbiasa membuat kue. Tampilan cantik dari sepotong kue memberikan kesan bahwa pasti sulit dibuat dan memerlukan banyak bahan. Padahal banyak kreasi dessert yang mudah dan praktis dengan sedikit tahapan untuk membuatnya.

Salah satu tren dessert yang viral saat pandemi adalah No Bake Cake, Serradura, dan yang terbaru Korean Lunch Box Cake. Tersusun dari mini sponge cake, yang membuat Korean Lunch Box Cake ini lezat adalah lapisan whipped cream yang menutupi seluruh lapisan sponge cake. Lembut dan creamy dari whipped cream menjadikan dessert ini sangat disukai. Di Korea, tren ini bermula ketika banyak drama Korea yang menampilkan kue ulang tahun berukuran mini dengan polesan whipped cream dan hiasan minimalis. 

"Nah, bagaimana cara memulai membuat kue untuk pemula? Bisa dengan membuat resep sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat. Tipsnya adalah dengan menggunakan instant premix yang mudah dibuat, praktis dan pasti jadi. Banyak dessert menggunakan whipped cream, salah satunya dari Haan Wippy Cream," ungkap Uut.

Kemasan Praktis & Ekonomis

Kepraktisan tentu dibutuhkan saat membuat dessert. Dengan sedikit bahan dan waktu yang lebih cepat membuat banyak ibu-ibu, anak muda hingga bakers memilih instant premix. Haan Wippy Cream sebagai bahan pembuat whipped cream memiliki tekstur yang lembut serta cocok untuk berbagai cake, sebagai isian atau topping, varian dessert hingga minuman.

"Kini Haan Wippy Cream yang telah hadir sejak 18 tahun silam terus berevolusi dan tampil lebih modern, dengan kemasan pouch yang praktis dan compact serta dilengkapi dengan ziplock. Jadi lebih mudah disimpan, tidak akan kemasukan udara dan anti tumpah. Cara membuatnya juga mudah, cukup campur Haan Wippy Cream dengan air es, kocok hingga creamy lalu siap digunakan untuk berbagai kreasi yang lezat dan cantik," papar Uut.

Selain itu para pemula juga bisa bergabung dengan komunitas dessert club secara virtual di media sosial, di mana banyak dibagikan resep mudah, tips anti-gagal dan pemilihan bahan baku praktis salah satunya di Instagram Haan Sweet Haan. Kita bisa bebas bereksperimen, berkreasi sebanyak mungkin, dan membagikannya secara virtual. Cara ini dapat menjaga tetap terkoneksi dengan banyak orang dan memelihana kesehatan secara fisik serta mental. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Yogurtland, Yogurt dari Susu Sapi 'Paling Bahagia Dunia'

Yuk Ke 'Jakarta Dessert Week 2019', Sebelum Habis Waktunya

Upaya Menaikkan Pamor Dessert

Legitnya Waffle Ice Cream Caramel Almond dari A&W Restoran

Pannacota Caramel, Dessert Italia dengan Harga Merakyat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark