Wabup Minta Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fernan Rahadi

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) mengambil sampel darah dari seorang penyintas COVID-19 yang akan menjadi pendonor plasma konvalesen (ilustrasi).
Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) mengambil sampel darah dari seorang penyintas COVID-19 yang akan menjadi pendonor plasma konvalesen (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Feny Selly

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Wakil Bupati Banyumas yang juga Ketua PMI Kabupaten Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, mengajak seluruh penyintas Covid 19 yang memenuhi syarat agar mendonorkan plasma darahnya. ''Hal ini perlu dilakukan untuk menolong saudara-saudara yang saat ini dirawat karena Covid 19,'' jelasnya, Senin (14/6).

Terlebih, kata Bupati, pada 14 Juni 2021 mendatang merupakan peringatan Hari Donor Darah se-dunia. ''Kami dari PMI Banyumas mengajak seluruh warga masyarakat untuk mendonorkan darah melalui PMI. Terutama bagi mereka yang merupakan penyintas Covid-19,'' katanya.

Ketua Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Banyumas, dr Ivone Rusyandari, menyebutkan permintaan plasma konvelasen pada PMI Banyumas beberapa waktu terakhir memang mengalami peningkatan. Sementara stok plasma konvelesen yang dimiliki PMI Banyumas, masih sangat kurang.

Saat ini, kata dia, PMI Banyumas hanya memiliki sembilan kantong plasma konvalesen. ''Dengan ketersediaan plasma konvalesen yang terbatas, kita hanya bisa memenuhi  permintaan plasma dari rumah sakit di wilayah Banyumas saja. Untuk sementara, permintaan dari luar wilayah Kabupaten Banyumas tidak dapat kita penuhi,'' jelasnya.

Dia menyebutkan, dalam kondisi tidak sedang terjadi peningkatan kasus Covid 19, PMI Banyumas biasanya juga memenuhi permintaan plasma konvalesen dari luar wilayah Banyumas. Tidak hanya dari RS yang ada di wilayah sekitar Banyumas, namun dari seluruh Jawa Tengah.

''Namun saat ini, di wilayah Banyumas juga terjadi peningkatan permintaan, sehingga kita lebih memprioritaskan permintaan dari rumah sakit di Banyumas,'' katanya.

Dia menyebutkan, penyaluran plasma konvalesen oleh PMI Banyumas sudah dilakukan sejak pertengahan tahun 2020 silam. Hingga 14 Juni 2021, PMI Banyumas sudah menyalurkan 1.332 kantong plasma konvalesen. ''Stok plasma ini kami peroleh dari para penyintas Covid 19 di Kabupaten Banyumas yang mendonorkan darahnya," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Plasma Konvalesen 90 Persen Efektif Sembuhkan Pasien Covid

Stok Darah Plasma Konvalesen di PMI Banyumas Habis

PMI Depok Berhasil Kumpulkan 255 Kantong Plasma Konvalesen

Dinkes Bandung Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma

Ketua DPRD Kota Bogor Donor Plasma Konvalesen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark