Rabu 16 Jun 2021 15:57 WIB

Kota Batu Luncurkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Program ini bertujuan memberantas peredaran narkoba di masyarakat.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu baru saja meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo, Kota Batu, Rabu (16/6). Dok.
Foto: Diskominfo Kota Batu
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu baru saja meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo, Kota Batu, Rabu (16/6). Dok.

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Malang, Jawa Timur, meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo. Kegiatan yang juga dihadiri Kapolres Batu dan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini diselenggarakan pada Rabu (16/6).

Penetapan Desa Pendem sebagai Kampung Tangguh Bersinar ini dilaksanakan oleh Pemdes Pendem dan Muspika Junrejo. Agenda ini turut dihadiri oleh masyarakat Desa Pendem dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, keberadaan program Kampung Tangguh Bersinar ini bertujuan untuk memberantas peredaran narkoba di masyarakat. Langkah ini dilakukan melalui penguatan di keluarga dan kegiatan desa.

Punjul memberikan apresiasi terhadap Pemdes Pendem, Polres, dan BNN atas ditetapkannya Kampung Tangguh Bersinar Pendem. "Karena dengan sinergi masyarakat dan berbagai elemen yang luar biasa, Desa Pendem bisa menjadi pionir Kampung Tangguh Bersinar di Kota Batu,” kata Punjul di Kota Batu, Rabu (16/6).

Pada kesempatan serupa, Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Kompol Edi HK menjelaskan, alasan Kota Batu dapat memiliki Kampung Tangguh Bersinar. Sebab, kota wisata ini memiliki kelebihan dibandingkan wilayah lainnya.

Salah satunya terlihat pada sinergitas antara masyarakat dan berbagai elemen. "Mereka mampu menjaga Kota Batu masih tetap aman dari narkoba meski ramai dikunjungi wisatawan," ujar dia.

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo berharap, keberadaan Kampung Tangguh Bersinar bisa  menyatukan warga Kota Batu untuk memerangi narkoba. Langkah ini bisa dilakukan mulai dari keluarga, desa, hingga kota.

Ia menargetkan akan ada Kampung Tangguh Bersinar lainnya di Kota Batu yang akan ditetapkan. Sebab itu, dia berharap kerja sama masyarakat dalam mewujudkan Kota Batu bersih dari narkoba. "Jauhi narkoba, sayangi keluarga. Bersama bersih dari narkoba,” kata dia menambahkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement