Kota Batu Luncurkan Kampung Tangguh Bersih Narkoba

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq

Pemerintah Kota (Pemkot) Batu baru saja meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo, Kota Batu, Rabu (16/6). Dok.
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu baru saja meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo, Kota Batu, Rabu (16/6). Dok. | Foto: Diskominfo Kota Batu

REPUBLIKA.CO.ID, BATU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Malang, Jawa Timur, meluncurkan Kampung Tangguh Bersinar (Bersih Narkoba) di Desa Pendem, Junrejo. Kegiatan yang juga dihadiri Kapolres Batu dan Badan Narkotika Nasional (BNN) ini diselenggarakan pada Rabu (16/6).

Penetapan Desa Pendem sebagai Kampung Tangguh Bersinar ini dilaksanakan oleh Pemdes Pendem dan Muspika Junrejo. Agenda ini turut dihadiri oleh masyarakat Desa Pendem dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, keberadaan program Kampung Tangguh Bersinar ini bertujuan untuk memberantas peredaran narkoba di masyarakat. Langkah ini dilakukan melalui penguatan di keluarga dan kegiatan desa.

Punjul memberikan apresiasi terhadap Pemdes Pendem, Polres, dan BNN atas ditetapkannya Kampung Tangguh Bersinar Pendem. "Karena dengan sinergi masyarakat dan berbagai elemen yang luar biasa, Desa Pendem bisa menjadi pionir Kampung Tangguh Bersinar di Kota Batu,” kata Punjul di Kota Batu, Rabu (16/6).

Pada kesempatan serupa, Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Batu, Kompol Edi HK menjelaskan, alasan Kota Batu dapat memiliki Kampung Tangguh Bersinar. Sebab, kota wisata ini memiliki kelebihan dibandingkan wilayah lainnya.

Salah satunya terlihat pada sinergitas antara masyarakat dan berbagai elemen. "Mereka mampu menjaga Kota Batu masih tetap aman dari narkoba meski ramai dikunjungi wisatawan," ujar dia.

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo berharap, keberadaan Kampung Tangguh Bersinar bisa  menyatukan warga Kota Batu untuk memerangi narkoba. Langkah ini bisa dilakukan mulai dari keluarga, desa, hingga kota.

Ia menargetkan akan ada Kampung Tangguh Bersinar lainnya di Kota Batu yang akan ditetapkan. Sebab itu, dia berharap kerja sama masyarakat dalam mewujudkan Kota Batu bersih dari narkoba. "Jauhi narkoba, sayangi keluarga. Bersama bersih dari narkoba,” kata dia menambahkan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Legislator Dukung Kapolri Soal Kampung Tangguh Narkoba

Polri akan Terbitkan TR Terkait Kampung Tangguh Narkoba

Pemkot Batu Siapkan Posko Pengaduan Kekerasan Seksual

Pemkot Batu Matangkan Rencana Bangun Pasar Induk

KPK Kembali Geledah Pemkot Batu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark