Kamis 17 Jun 2021 15:59 WIB

Sleman Terima Penghargaan dari Kementerian LHK

Inovasi daerah dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan sangat patut dihargai.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman, DIY, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Penghargaan ini sendiri diberikan kepada pemerintah tingkat provinsi, kabupaten, dan kota.

Penilaian Green Leadership Nirwasita Tantra melalui beberapa tahap. Dimulai penapisan awal, analisa isu priotitas, penilaian tim independen, dan wawancara. Khusus tahun ini, wawancara dilakukan melalui video diunggah ke media sosial.

Adapun jumlah pemerintahan daerah yang mengikuti tahapan penilaian tahun ini terdiri dari 21 provinsi, 57 kota, dan 146 kabupaten. Kabupaten Sleman masuk kategori kabupaten kecil penerima raihan bersama Bangka Tengah dan Belitung.

Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, Green Leadership Nirwasita Tantra jadi apresiasi yang diberikan kepada pimpinan daerah. Mereka berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan menuju green economy.

"Berbagai inovasi daerah dalam menyelesaikan isu-isu lingkungan merupakan yang sangat patut dihargai, karena dia juga merupakan kunci terjaminnya kelestarian lingkungan di daerah," kata Siti, Kamis (17/6).

Bupati Sleman, Kustini Purnomo menyampaikan, capaian ini diraih berkat kerja keras semua elemen, tidak hanya pribadi maupun pemerintah namun masyarakat. Ia berharap, ini bisa dipertahankan dan memotivasi masyarakat menjaga lingkungan.

"Semoga dapat menjadi motivasi kita bersama guna mempertahankan dan menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Sleman," ujar Kustini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement