Selasa 22 Jun 2021 08:44 WIB

Pelaku Perhotelan dan Resto di Sleman Peroleh Vaksinasi

Berhasil terdaftar 2.000 orang dengan sasaran karyawan perhotelan dan restoran.

Petugas melakukan vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/IDHAD ZAKARIA
Petugas melakukan vaksinasi Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Yogyakarta Joko Hasrtaryo menuturkan hingga Juni 2021 ini masih menemukan banyaknya hotel dan restoran di wilayah itu yang belum tersentuh vaksinasi Covid-19.

"Hotel berbintang dan restoran besar di Sleman saat masa liburan paling banyak menerima kunjungan wisatawan, tapi belum semua karyawannya tersentuh vaksinasi Covid-19," ujar Joko di sela memimpin pantauan vaksinasi pelaku wisata yang digelar Dinas Kesehatan Sleman bersama Danone yang dipusatkan di Hotel Marriott Yogyakarta, Senin (21/6).

Joko menuturkan, dalam periode pertama vaksinasi pelaku wisata di Sleman yang dipusatkan di Candi Prambanan 5 April-7 Mei 2021 lalu baru berhasil menjaring 2.000 orang. Namun saat itu vaksinasi menyasar para pelaku wisata yang berkecimpung langsung di destinasi juga driver ojek daring, belum pelaku perhotelan dan restoran.

Sedangkan pada periode kedua vaksinasi pelaku wisata yang dipusatkan di Hotel Marriot 16-23 Juni ini, berhasil terdaftar 2.000 orang dengan sasaran karyawan perhotelan dan restoran.

"Memang belum pernah ada laporan munculnya klaster dari hotel dan restoran, mereka rata-rata sudah tertib protokol. Namun kami minta vaksinasi jangan diabaikan, karena hotel dan restoran ini juga garda depan pariwisata," ujar Joko. 

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto, menyatakan Danone di Indonesia, melalui dua bisnis utamanya Air Minum Dalam Kemasan dan Specialized Nutrition,semakin memperkuat komitmennya untuk terus berkontribusi dalam mendukung pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan ekonomi masyarakat di Indonesia di antaranya melalui program vaksinasi covid-19.

"Melalui misi One Planet One Health, kami percaya bahwa kesehatan manusia dan bumi saling terkait satu sama lain. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berkontribusi di bidang kesehatan dan lingkungan," ujar Vera.

Selama masa pandemi, Danone Indonesia bersama berbagai elemen masyarakat dan juga mitra usaha terus mendukung pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di lebih dari 400 sentra vaksinasi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Selain mendukung terselenggaranya kegiatan sentra vaksinasi, Danone pun turut menyediakan hidrasi bagi tenaga kesehatan dan penerima vaksin dengan AQUA sebagai Official Hydration Partner dan memberikan kegiatan edukasi seputar nutrisi yang dipersembahkan oleh divisi Specialized Nutrition Danone Indonesia. 

"Sejak tahun lalu hingga saat ini, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai total Rp 56 Miliar yang berupa berbagai keperluan medis untuk penanggulangan covid-19 hingga bantuan dalam bentuk penyelenggaraan sentra vaksinasi covid-19 seperti yang saat ini dilakukan," kata Vera.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Hotel JW Marriot Yogyakarta didukung oleh tenaga kesehatan dari sejumlah Puskesmas setempat dan mampu melayani hingga 1.300 dosis vaksin setiap harinya. Penerima vaksin dapat menunjukan KTP Sleman atau surat keterangan domisili/bekerja di wilayah Kabupaten Sleman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement