Rabu 23 Jun 2021 12:47 WIB

Siswi Malang Wakili Indonesia pada Festival Internasional

Kompetisi tersebut akan diselenggarakan di Jerman pada tanggal 26 juni mendatang.

International Festival Language and Culture (IFLC)
Foto: IFLC
International Festival Language and Culture (IFLC)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Seorang siswi asal Malang, Bernadeta Salwa, akan menjadi wakil Indonesia pada ajang International Festival Language and Culture (IFLC) 26 Juni mendatang. Ia berhak mengikuti ajang tersebut setelah memenangkan Olimpiade Bahasa dan Seni (Osebi) dan Festival Sains dan Budaya (FSB) yang telah terselenggara 19-21 Februari 2021 silam.

"Dengan pencapaian tersebut siswi tersebut berhak berkompetisi di ajang internasional festival bahasa dan seni atau IFLC dan dapat berkesempatan untuk menjadi perwakilan indonesia," ujar Ketua Pelaksana IFLC Indonesia, Erkan Turan, dalam siaran pers, Rabu (23/6).

Erkan mengatakan, IFLC  merupakan usaha untuk mempromosikan penelitian, pemahaman, dan pertukaran informasi dalam mendukung perdamaian, persahabatan, dan saling pengertian. Dalam ajang tersebut, para peserta akan berbaur dengan pengunjung dan masyarakat setempat dan berpartisipasi dalam kegiatan sosial, budaya, dan pendidikan. 

"Peserta menjalin hubungan dan persahabatan abadi, dan meningkatkan harapan bagi perdamaian dunia," kata Erkan menambahkan.

Ia melanjutkan, misi dari event ini adalah melalui seni dan musik untuk mempromosikan perdamaian, cinta, dan budaya seluruh dunia. Visinya adalah menyatukan bangsa di dunia dengan nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

Bernadeta Salwa menjadi salah satu finalis di antara finalis lainya dari 24 negara. Siswi SMAN 2 Madiun itu akan mewakili Indonesia dengan membawakan lagu Mengejar Matahari pada kompetisi tersebut dan  diharapkan mengharumkan nama Indonesia di ajang internasional tersebut.

"Para pemenang akan di tentukan oleh keputusan juri dengan persentase sebesar 70 persen dan penentuan suara pemirsa sebesar 30 persen," kata Erkan.

Kompetisi tersebut akan diselenggarakan di Jerman pada tanggal 26 juni mendatang pada pukul 20.00 waktu setempat dan dapat ditonton di Indonesia pada 27 juni 2021 dini hari pada pukul 01.00 WIB melalui channel Youtube IFLC. Penentuan suara pemirsa akan berlangsung selama kompetisi ditayangkan dan akan berlangsung selama 10 jam setelah kompetisi berakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement