Semua Pasien Covid-19 Varian India di RSLI Dipastikan Sembuh

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Semua Pasien Covid-19 Varian India di RSLI Dipastikan Sembuh (ilustrasi).
Semua Pasien Covid-19 Varian India di RSLI Dipastikan Sembuh (ilustrasi). | Foto: www.freepik.com

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Penanggung jawab Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara mengungkapkan, dari 10 sampel pasien Covid-19 yang dilakukan genome squencing, sembilan di antaranya dinyatakan terkonfirmasi positif varian B.1.617.2 Delta asal India. Dari sembilan pasien tersebut satu orang di antaranya dirujuk ke RS Bojonegoro dan sisanya menjalani perawatan di RSLI Surabaya.

Nalendra memastikan, kesemua pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 varian India tersebut telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan ke rumah masing-masing. Mereka telah menjalani perawatan lebih dari 10 hari dan hasil swab PCR yang dilakukan dua kali menyatakan pasien-pasien tersebut negatif Covid-19, sehingga dinyatakan sembuh.

"Dua pasien bisa pulang setelah 14 hari perawatan. Sisanya pulang setelah 15 dan 16 hari perawatan dan pengobatan," ujar Nalendra di Surabaya, Kamis (24/6).

Nalendra melanjutkan, setelah pasien-pasien tersebut dipulangkan ke rumah masing-masing, diwajibkan menjalani isolasi mandiri 3 hingga 5 hari. Isolasi mandiri dimaksudkan untuk memastikan kondisi pasien dalam keadaan baik, tidak ada gejala susulan yang muncul, serta kondisi tubuh mengalami pemulihan.

"Selama menjalani isolasi mandiri tambahan tersebut, mereka dimonitoring oleh PKM dan Dinkes setempat serta mendapatkan dampingan dari Relawan Pendamping PPKPC-RSLI untuk membantu mengatasi permasalahan non-medis pascapemulangan," ujarnya.

Nalendra mengingatkan masyarakat untuk tidak takut secara berlebihan dengan Covid-19 varian baru tersebut. Namun demikian, lanjut dia, Masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik, dan benar. Selain itu, lanjut dia, diperlukan pula perubahan  perilaku hidup bersih dan sehat dengan kebiasan baru.

"Semua lapisan masyarakat diharapkan bahu membahu mengatasi kondisi ini, tetap tenang, dan tidak panik mencermati situasi yang ada. Semua khendaknya bisa mengikuti arahan dan langkah sesuai keputusan dari pemerintah," kata dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Positif Covid-19, Kondisi Plt Wali Kota Tasikmalaya Baik

Ridwan Kamil Dorong Desa/Kelurahan Punya Ruang Isolasi

Klaster Baru di Kota Malang, 12 Orang Positif Covid-19

Anak-Anak Rentan Tertular Covid-19 Varian Delta

India dan Negara Lain Pakai Ivermectin untuk Covid-19?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark