Belasan Wartawan di DIY Positif Covid-19

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Ilustrasi Kasus Covid-19 Naik
Ilustrasi Kasus Covid-19 Naik | Foto: republika/mardiah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Penyebaran Covid-19 di DIY masih tinggi. Kali ini, sejumlah jurnalis dari berbagai media massa yang biasanya bertugas di Kantor Gubernur DIY, DPRD DIY dan Balai Kota Yogyakarta terkonfirmasi positif Covid-19.

Sejauh ini, belum ada angka pasti berapa jurnalis yang sudah positif Covid. Namun berdasarkan penelusuran Republika, sudah terdapat 14 jurnalis. Proses tracing juga masih terus dilaksanakan untuk mencegah penyebaran virus terjadi lebih luas lagi.

Salah satu jurnalis yang kini menjalani isolasi di Shelter Covid UII, Lukman Hakim mengaku, baru mengetahui hasil positif usai Rapid Test Antigen pada Kamis (24/6). Saat ini ia turut melakukan Tes PCR dan sedang menanti hasilnya.

Wartawan LKBN Antara itu berpendapat, terkait aktivitas pekerja media sebenarnya teman-teman jurnalis sudah cukup memahami dan menerapkan protokol kesehatan. Mulai dari memakai masker maupun mencuci tangan ketika melaksanakan peliputan lapangan.

Tapi, ia melihat, untuk protokol kesehatan menjaga jarak sepertinya masih harus diketatkan ketika melakukan wawancara secara langsung. Sebab, walau prokes lain sudah diterapkan, penularan masih mungkin terjadi ketika mengabaikan jaga jarak.

"Memang perlu diketatkan jaga jarak karena teman-teman media walaupun memakai masker kadang-kadang ketika doorstop cukup sulit menjaga jarak satu sama lain," kata Lukman kepada Republika, Jumat (25/6).

Ia mengimbau, teman-teman media dapat senantiasa menjaga kesehatan dan keamanan ketika menjalani tugas, terutama tugas lapangan. Lukman juga berharap, teman-teman yang harus menjalani isolasi tetap semangat dan segera sehat kembali.

Terkait aktivitas peliputan di Kantor Gubernur DIY, Kabag Humas, Biro Hukum, Hunas dan Protokol DIY, Ditya Nanaryo Aji menuturkan, mulai besok media center akan ditutup. Penutupan sendiri dilakukan sampai waktu yang belum ditentukan.

"Kami usahakan untuk agenda-agenda pimpinan yang penting akan kami bagikan lewat Google Drive. Untuk narasumber, diusahakan sementara ini melalui daring terlebih dulu," ujar Ditya.

Ditya turut mengimbau kepada teman-teman media untuk memperketat lagi penerapan protokol kesehatan, serta menambah perlindungan diri dengan mengonsumsi vitamin. Ia berharap, semua mendapat lindungan Tuhan, diberikan kemudahan dan kesehatan. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Antrian Pendaftaran Vaksin Terjadi di Mapolresta Banyumas

Dekan FKUI: Jangan Buru-Buru Beli Ivermectin untuk Covid 19

Vaksin Anak Belum Teruji, Prokes Tetap Senjata Utama

Keterisian Ranjang Covid-19 RSUD Al Ihsan Bandung 95% (2)

Infeksi Jamur Hijau-Varian Delta Jadi Kekhawatiran Baru

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark