Pemkab Pamekasan Laporkan 13 Kasus Aktif Baru Covid-19

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Pamekasan Laporkan 13 Kasus Aktif Baru Covid-19 (ilustrasi).
Pemkab Pamekasan Laporkan 13 Kasus Aktif Baru Covid-19 (ilustrasi). | Foto: www.freepik.com

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, Jumat, melaporkan sebanyak 13 kasus aktif baru COVID-19, sehingga jumlah total kasus aktif virus corona per tanggal 25 Juni 2021 di wilayah itu sebanyak 60 orang.

Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemkab Pamekasan Arif Rachmansyah mengatakan ke 13 orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu berdasarkan hasil tes usap. "Mereka yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pamekasan, Galis, Pademawu dan Kecamatan Proppo," kata Arif, Jumat (25/6).

Perinciannya, dari Kecamatan Pademawu sebanyak dua orang, Pamekasan delapan orang, dari Kecamatan Galis sebanyak dua orang dan dari Kecamatan Proppo satu orang. Warga yang terpapar COVID-19 ini, umumnya memang pernah terlibat kontak dengan warga yang terkonfirmasi positif COVID-19, sebagian diantaranya bahkan ada yang sudah divaksin COVID-19.

Arif menjelaskan, tambahan kasus baru COVID-19 sebanyak 13 orang ini merupakan tambahan kasus baru terbanyak usai libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Sebab, sebelum Lebaran angka kasus baru COVID-19 di Kabupaten Pamekasan cenderung melandai, bahkan dalam sepekan sebelum Lebaran sempat tidak ada tambahan kasus baru.

Selain mengumumkan tambahan kasus baru COVID-19, Pemkab Pamekasan juga mengumumkan adanya pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak tiga orang. Masing-masing berinisial AS (30) asal Kecamatan Pademawu, AF (44) asal Kecamatan Pamekasan dan NA (52) asal Kecamatan Galis.

"Dan per hari ini juga ada pasien COVID-19 yang meninggal dunia, yakni pasien berinisial DB (54) asal Kecamatan Pamekasan," ujar Arif.

Sementara berdasarkan data yang dirilis Satgas COVID-19 Pemprov Jatim, Kabupaten Pamekasan termasuk urutan ketiga di Pulau Madura dalam hal tambahan kasus aktif baru COVID-19. Urutan pertama Kabupaten Bangkalan sebanyak 1.021 kasus aktif, Sampang 126 kasus, lalu Pamekasan 60 kasus, dan terakhir Kabupaten Sumenep sebanyak 21 kasus.

Upaya untuk menekan penyebaran kasus aktif baru di kabupaten ini terus dilakukan. Selain meningkatkan kembali operasi penegakan disiplin protokol kesehatan, juga menggencarkan pelaksanaan tes cepat antigen dan vaksinasi massal kepada warga lanjut usia yang tersebar di 13 kecamatan di wilayah itu.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Dalam 24 Jam, Positif Covid-19 di Bantul Bertambah 412 Orang

Tips Menyiasati Kebutuhan Tambahan Saat Pandemi

Afterbreak, Kisah Startup Kuliner Lobster Lewati Pandemi

Rumah Sakit Rujukan Penanganan Covid di Kota Malang Penuh

Mojokerto Siapkan Puskesmas untuk Isolasi Pasien Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark