Lomba Essay Prodi PPKn UMP Usung Tema Pancasila

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP | Foto: DOK UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Prodi PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Himpunan Mahasiswa PPKn (HMPSPPKn) menggelar lomba essay antar mahasiswa tingkat nasional.

''Kegiatan lomba ini kami gelar dalam rangka Pekan Pancasila (Pekasila 2021). Lomba diikuti oleh mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Tanah Air,'' jelas Ketua HMPS PPKn UMP Oktavia Dika Nadya Rahma, Selasa (29/6).

Untuk itu, kata Dika, tema yang diusung dalam lomba ini menyangkut Pancasila sebagai ideologi negara. Dengan tema itu, essay yang dilombakan menyangkut sub tema Penguatan Wawasan Kebangsaan dalam Menangkal Radikalisme dan Tantangan Pancasila di Era Sosial Digital.

Bertindak sebagai dewan juri dalam lomba ini, adalah Ketua Prodi PPKn Dr Elly Hasan Sadeli, staf pengajar Prodi PPKn UMP Dr Laily Nurlina, dan staf Humas UMP Tegar Roli A.

Ketua Prodi PPKn, Dr Elly Hasan Sadeli menyebutkan, kegiatan ini memiliki peran yang sangat strategis di tengah kondisi eksistensi daya kritis generasi muda yang mulai meredup seiring perkembangan teknologi dan informasi. ''Melalui lomba essay ini diharapkan lahir pemikiran-pemikiran yang bernas dari semua peserta lomba,'' katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Pancasila Solusi Masalah Bangsa Termasuk Corona

Opini: Anak Muda Lupa Pahlawan, Saatnya Pancasila Dibumikan

Tausiyah Kebangsaan, MUI Jatim Ingatkan Dakwah Sejuk Nabi

Megawati Ingin Populerkan Salam Pancasila  

Prodi Pendidikan Biologi UMP Raih Akreditasi A

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark