Rabu 14 Jul 2021 11:07 WIB

Pemkab Tambah Kapasitas Generator Oksigen RSUD Saptosari

Persoalan utama rumah sakit rujukan pasien COVID-19 adalah ketersediaan oksigen.

Pemkab Tambah Kapasitas Generator Oksigen RSUD Saptosari (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Pemkab Tambah Kapasitas Generator Oksigen RSUD Saptosari (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,GUNUNG KIDUL -- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menambah kapasitas generator untuk meningkatkan produksi oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah Saptosari, yang diproyeksikan sebagai rumah sakit rujukan utama pasien COVID-19 di wilayah ini.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty mengatakan, saat ini dalam proses persiapan penambahan generator oksigen yang diperkirakan dapat difungsikan dua pekan ke depan. Dengan peningkatan kapasitas, generator oksigen ini mampu memproduksi oksigen 20 hingga 30 tabung setiap hari. Harapannya mampu mencukupi kebutuhan oksigen dari RSUD Saptosari dan RSUD Wonosari yang mengalami kesulitan oksigen. "Selain itu, juga dapat menyuplai ke rumah sakit swasta lainnya," kata Dewi, Rabu (14/7).

Ia mengatakan saat ini persoalan utama rumah sakit rujukan pasien COVID-19 adalah ketersediaan oksigen. Hal ini dikarenakan di DIY tidak ada pabrik yang memproduksi oksigen dan harus mendatangkan dari Jawa Tengah. Untuk mengatasi kekurangan oksigen, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh Pemkab Gunung Kidul adalah peningkatan kapasitas alat produksi oksigen supaya lebih maksimal.

Dengan adanya peningkatan generator oksigen ini, kebutuhan oksigen di RSUD Saptosari dapat terpenuhi dan mampu merawat pasien terkonfirmasi COVID-19 lebih banyak. Lebih lanjut, Dewi mengatakan saat ini pihaknya juga mempersiapkan pemanfaatan gedung lantai II RSUD Saptosari dan melengkapi peralatan penunjang medis, perawatan bagi pasien COVID-19 ibu hamil, serta bayi prematur, yakni Bangsal Yudistira.

"Saat ini sedang dipersiapkan segala kebutuhan perlengkapan medisnya supaya dapat segera dimanfaatkan," katanya.

Sementara itu, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan langkah cepat Dinas Kesehatan menambah kapasitas generator oksigen di RSUD Saptosari sangat tepat. Saat ini penanganan pasien terkonfirmasi COVID-19 di setiap rumah sakit membutuhkan oksigen banyak, tapi ada kendala dalam pemasokan oksigen.

"Semoga generator oksigen RSUD Saptosari ini segera dapat difungsikan dan kebutuhan oksigen untuk penanganan pasien COVID-19 dapat diatasi," harapnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement