TMMD di Purbalingga Bangun Jaringan Pipa Air Bersih

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). | Foto: dok. Satuan Penerangan Kodim 0726/Sukoharjo

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, berhasil menyelesaikan pembangunan jaringan induk pipa air bersih di Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar. Jaringan pipa induk yang selesai dibangun tersebut, diresmikan Wakil Bupati Purbalingga, Sudono, Rabu (14/7).

Komandan Kodim 0702 Purbalingga, Letkol Inf Decky Zulhas menyebutkan, pembangunan jaringan pipa air bersih menjadi kegiatan utama TMMD karena warga Desa Ponjen kerap mengalami kesulitan air bersih saat musim kemarau. ''Jaringan pipa yang dibangun memiliki panjang 1.506 meter dengan menggunakan saluran pipa berdiameter enam inchi,'' kata dia.

Sedangkan anggaran yang digunakan untuk kegiatan TMMD Sengkuyung di Purbalingga, berasal dari APBD Provinsi Jateng senilai Rp 251 juta dan APBD Kabupaten Purbalingga Rp 175 juta. ''Dana tersebut tidak hanya digunakan untuk pembangunan jaringan pipa saja. Tapi juga ada kegiatan rehab RTLH dan kegiatan non fisik lainnya,'' jelasnya.

Terkait pelaksanaan TMMD, Dandim menyampaikan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang telah bergotong royonng bersama anggota TNI menyukseskan program ini. ''Semoga seluruh hasil kegiatan TMMD bisa memberi manfaat bagi masyarakat,'' ujarnya.

Wakil Bupati Sudono dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi pada segenap anggota TNI di Purbalingga yang terlibat dalam kegiatan TMMD. Dia menyebutkan, pembangunan jaringan pipa air saluran induk ini sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

''Dengan adanya jaringan pipa induk, masyarakat Desa Ponjen tidak akan lagi kesulitan air pada musim kemarau,'' jelasnya.

Kepala Desa Banjarkerta, Sukno, yang ikut hadir pada kegiatan itu, berharap proyek pipanisasi air bersih diharapkan tidak hanya berhenti sampai Desa Ponjen. Tapi bisa mencapai wilayah desanya.

''Mudah-mudahan harapan kami ini bisa direalisasikan Pemkab Purbalingga,'' kata dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sleman Resmikan Jaringan Air Bersih di Kalitengah Lor

TMMD Purbalingga Selesaikan Pembangunan Jalan 2 Km

Sinergi Pemkab Muda-TNI Hubungkan 23 Desa di Lalan

TMMD Diharapkan Dorong Kesiapan Masyarakat Hadapi New Normal

TMMD di Purbalingga Dilaksanakan di Lokasi Bencana

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark