Polres Karanganyar Ronda Masker Ajak Warga Patuh Prokes

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas kepolisian memakaikan masker ke pengendara untuk menekan penularan COVID-19.
Petugas kepolisian memakaikan masker ke pengendara untuk menekan penularan COVID-19. | Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Sat Binmas Polres Karanganyar, Jawa Tengah, menggelar ronda masker (roker) untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19. Ronda masker digelar menyusuri kampung-kampung pada Rabu (14/7).

Seperti layaknya ronda pada umumnya, dalam ronda masker tersebut sejumlah personel Sat Binmas membawa kentongan. Para personel menyusuri jalanan dengan berjalan kaki sambil membunyikan kentongan. Mereka menyuarakan ajakan memakai masker dengan lantunan lagu berbahasa Jawa.

Kanit Binkamsa Satbinmas Polres Karanganyar, Ipda M Ilyas mengatakan, roker merupakan terobosan Polres Karanganyar yang dibentuk pada awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

"Roker atau ronda masker dibentuk Polres Karanganyar bersinergi dengan tiga pilar dan juga organisasi masyarakat Kabupaten Karanganyar yang memberikan edukasi-edukasi terkait dengan protokol kesehatan di masyarakat untuk senantiasa mematuhi prokes," terang M Ilyas kepada wartawan.

Selama penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat, sasaran roker dikhususkan di perkampungan dan desa-desa yang banyak warganya melakukan isolasi mandiri (isoman) lantaran terpapar Covid-19. Selain itu, roker juga dilaksanakan di jalanan pusat kota di Karanganyar.

"Roker dilaksanakan sampai dengan virus ini hilang. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk taat, tertib, dan disiplin untuk senantiasa melaksanakan prokes," imbuh Ilyas.

Dalam kegiatan ronda masker tersebut, Sat Binmas Polres Karanganyar sekaligus menggelar bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada warga yang isolasi mandiri lantaran terpapar Covid-19 maupun warga yang terdampak PPKM Darurat. Bantuan yang diberikan antara lain masker dan beras.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Meredupnya Minat Dunia Terhadap Olimpiade Tokyo

‘Luhut Instruksikan Daerah Terus Kurangi Mobilitas’

Idul Adha Harus Seimbang Antara Ibadah dan Sosial

PPNI: Baru Ada Sosialisasi Vaksin Covid-19 Dosis Ketiga

Bupati Karawang Konfirmasi Keganjilan Penyuntikan Vaksin

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark