Rabu 14 Jul 2021 17:36 WIB

Gelapkan Uang Nasabah, Karyawan Koperasi Diamankan Polisi

Tindakan tersangka tersebut telah menyebabkan kerugian pihak koperasi.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Muhammad Fakhruddin
Gelapkan Uang Nasabah, Karyawan Koperasi Diamankan Polisi. Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam
Foto: Foto : MgRol112
Gelapkan Uang Nasabah, Karyawan Koperasi Diamankan Polisi. Ilustrasi Koperasi Simpan Pinjam

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Seorang karyawan koperasi simpan pinjam berinisial SA (26) warga Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, harus berurusan dengan pihak kepolisian setempat. Hal ini menyusul laporan koperasi tempatnya bekerja yang menyebutkan tersangka telah menggelapkan uang angsuran hutang yang seharusnya disetorkan ke koperasinya.

''Pelaku kita tangkap di rumahnya, setelah kami mendapat laporan dari petugas koperasi lainnya,'' jelas Kasat Reskrim Kompol Berry mewakili Kapolresta Banyumas Kombes Pol M. Firman L. Hakim, Rabu (14/6).

Dia menyebutkan, dari hasil pemeriksaan pada tersangka juga diketahui, penggelapan uang koperasi tidak hanya dilakukan tersangka dengan tidak menyetorkan uang nasabah. Namun juga dengan memalsukan data nasabah agar bisa meminjam uang ke koperasi.

''Untuk uang angsuran nasabah yang tidak disetorkan, dilakukan tersangka sejak November 2020 sampai dengan Februari 2021. Sedangkan pemalsuan data nasabah, dilakukan beberapa waktu lalu,'' jelasnya.

Menurut Kasatreskrim, tindakan tersangka tersebut telah menyebabkan kerugian pihak koperasi hingga senilai Rp 21.153.000. Dalam kasus tersebut, polisi menyita barang bukti berupa satu bendel pembukuan nasabah Kospin SAS, serta satu bendel berkas kartu nasabah fiktif atas nama nama beberapa orang,  satu bendel berkas kartu nasabah yang angsurannya tidak disetorkan ke kantor.

''Tersangka akan kami jerat dengan pasal 374 KUHP tentang tindak pidana penggelapan dalam jabatan. Ancaman hukumannya  maksimal 5 tahun penjara,'' katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement