Kepedulian Warga Purbalingga Selama Pandemi Cukup Tinggi

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Warga mendistribusikan bantuan bahan pokok kepada pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya.
Warga mendistribusikan bantuan bahan pokok kepada pasien positif Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumahnya. | Foto: Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA --  Kepedulian warga Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, selama masa pandemi Covid-19 ternyata cukup tinggi. Hal ini ditandai adanya beberapa gerakan warga membantu pasokan kebutuhan warga yang melaksanakan isolasi mandiri selama perberlakuan PPKM Darurat.

''Kami cukup surprise, ternyata banyak masyarakat yang memiliki empati luar biasa untuk membantu sesamanya selama pandemi Covid-19 ini,'' jelas Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Jumat (16/7).

Selama pandemi, dia mendapat laporan ada beberapa gerakan yang muncul di masyarakat untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19. Antara lain, gerakan yang dilakukan Yayasan Bara Trisna Buana di Desa Toyareka, Kantor Kecamatan Kalimanah, dan Posko Satgas Covid-19 Kabupaten Purbalingga.

Berdasarkan laporan yang dia terima, Yayasan Bara Trisna Buana telah membuat dapur umum untuk mendistribusikan 200-400 nasi kotak per hari, BUMD BPR di Kecamatan Kalimanah mendistribusikan 440 nasi kotak, dan TP PKK di posko Satgas Covid-19 Purbalingga telah mendistribusikan 397 nasi kotak di Kecamatan Purbalingga.

Menurut bupati, di tengah keterbatasan kemampuan pemerintah saat ini,  gerakan masyarakat seperti ini betul-betul sangat dibutuhkan. ''Dalam kondisi seperti sekarang, memang dibutuhkan gotong royong dari seluruh elemen untuk bergerak membantu sesama. Kami atas nama Pemkab Purbalingga, menyampaikan apresiasi atas gerakan-gerakan semacam ini,'' ujarnya.

Ia berharap, lembaga atau organisasi sayap pemerintah bisa  melakukan hal yang sama. Misalnya dari Forum BUMD, PMI, Baznas, dan sebagainya. Mereka masing-masing memiliki wilayah/kecamatan sendiri dalam cakupan pemberian bantuan.

''Lembaga lain yang ingin bergabung bisa segera koordinasi sehingga nanti tidak tumpang tindih sehingga bantuan bisa tepat sasaran,'' kata bupati.     

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Mahasiswa PMM UMM Gandeng Masyarakat Gemar Membaca

Seluruh ASN Non Esensial di Purbalingga Lakukan WFH

Empat Warga Purbalingga Pesta Sabu Saat PPKM Darurat

Polresta Banyumas Salurkan Bantuan bagi Warga Miskin

Satgas Covid-19 Pulangkan Pekerja Pabrik Wig 

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark