Ahad 18 Jul 2021 17:08 WIB

KAI Hadirkan Vaksinasi di Stasiun Yogyakarta dan Solo

Vaksinasi di stasiun merupakan langkah KAI mendukung program pemerintah.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon penumpang kereta api yang akan melakukan vaksinasi COVID-19. an vaksinasi COVID-19 gratis bagi pelanggan kereta api jarak jauh di sejumlah stasiun keberangkatan, untuk membantu melengkapi persyaratan perjalanan selama masa PPKM darurat.
Foto: ANTARA/Idhad Zakaria
Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada calon penumpang kereta api yang akan melakukan vaksinasi COVID-19. an vaksinasi COVID-19 gratis bagi pelanggan kereta api jarak jauh di sejumlah stasiun keberangkatan, untuk membantu melengkapi persyaratan perjalanan selama masa PPKM darurat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Per 3 Juli 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka layanan vaksinasi di beberapa stasiun khusus pelanggan KA Jarak Jauh. Di Daop 6 Yogyakarta, vaksinasi dilakukan di Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Solo Balapan.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta, Supriyanto mengatakan, vaksinasi di stasiun-stasiun ini merupakan langkah KAI untuk mendukung program pemerintah. Serta, membantu masyarakat memenuhi persyaratan bepergian menggunakan KA Jarak Jauh.

Persyaratan sendiri berlaku pada masa PPKM Darurat sesuai SE Kemenhub Nomor 42 Tahun 2021.  Adapun 13 Stasiun yang telah membuka layanan fasilitas vaksinasi ada Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, dan Purwokerto.

Kemudian, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Malang, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, dan Jember. Ia menekankan, kehadiran layanan ini juga dalam rangka mendukung program percepatan vaksinasi covid yang digalakkan di Indonesia.

 

Masyarakat sendiri cukup antusias untuk mendapatkan layanan ini di berbagai daerah. Terbukti pada periode 3-17 Juli 2021, peserta vaksinasi covid yang tercatat di Stasiun Yogyakarta ada 733 dan stasiun Solo Balapan ada 747.

"Masyarakat yang memang harus tetap bepergian pada masa PPKM Darurat terbantu karena dapat melengkapi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan pemerintah," kata Supriyanto, Ahad (18/7).

Syarat untuk mengikuti vaksinasi covid gratis di stasiun ini harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku, memiliki KTP, dan datang ke stasiun paling lambat H-1.

Khusus bagi ibu hamil, bisa mendapatkan vaksinasi di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin. Supriyanto mengimbau calon penumpang merencanakan dengan baik terkait waktu.

Antara vaksinasi, rapid test antigen, dengan jadwal keberangkatan KA-nya untuk menghindari keterlambatan. Sebab, kuota yang disediakan masing-masing stasiun terbatas seperti Stasiun Yogyakarta dan Solo Balapan masing-masing 50 per hari.

"PT KAI Daop 6 Yogyakarta juga menyampaikan permohonan maaf bila belum bisa memenuhi semua permintaan masyarakat terkait vaksinasi covid," ujar Supriyanto.

Mulai 5-20 Juli 2021, pelanggan KA Jarak Jauh wajib menunjukkan surat negatif RT-PCR maksimal 2x24 atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 sebelum keberangkatan. Khusus Pulau Jawa, harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama.

Bagi pelanggan kepentingan khusus yang tidak/belum divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan KA Jarak Jauh menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis. Disertai surat negatif RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang berlaku.

"Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Kemudian, pelanggan di bawah lima tahun tidak diharuskan menunjukkan hasil RT-PCR atau Rapid Test Antigen," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement