Warga Semarang Jalani Vaksinasi Door to Door

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andi Nur Aminah

Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan, meninjau vaksinasi door to door di Tambak Rejo, Gayem Sari, Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan itu dia juga memberikan 3.000 paket sembako bagi masyarakat Semarang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.
Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan, meninjau vaksinasi door to door di Tambak Rejo, Gayem Sari, Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan itu dia juga memberikan 3.000 paket sembako bagi masyarakat Semarang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. | Foto: Istimewa

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kepala Badan Intelejen Negara (BIN), Jendral Polisi (Purn) Budi Gunawan, meninjau vaksinasi door to door di Tambak Rejo, Gayem Sari, Semarang, Jawa Tengah. Pada kesempatan itu dia juga memberikan 3.000 paket sembako bagi masyarakat Semarang yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Selain bisa menyelamatkan diri sendiri, vaksinasi juga bisa menyelamatkan orang lain,” ujar Budi Gunawan di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (21/7).

Dia meninjau langsung acara vaksinasi untuk pelajar di SMP N 1 Kota Semarang dan vaksinasi kepada masyarakat secara door to door di kelurahan Tambak Rejo. Budi Gunawan mengatakan, program vaksinasi pelajar merupakan arahan dari Presiden Joko Widodo. Adapun jumlah dosis vaksin untuk di Jawa Tengah berjumlah 3.000 dosis.

Lebih lanjut, Budi Gunawan menjelaskan, dengan vaksinasi Covid-19, herd immunity atau kekebalan komunal dapat dicapai. Selain itu, kata dia, program vaksinasi tersebut juga merupakan akselarasi atau capaian program vaksinasi tiga juta dosis per hari dari pemerintah. “Dengan target, kami mencapai herd immunity pada akhir tahun 2021 sebesar 70 persen,” ungkap dia.

Baca Juga

Budi Gunawan menerangkan, Semarang dipilih sebagai tempat dilaksanakannya program vaksinasi itu karena Semarang merupakan bagian dari epicentrum Covid-19. Selain itu, dia menungkapkan, tingkat vaksinasi di Semarang juga cukup rendah. “Seperti yang diketahui, Jawa Tengah merupakan salah satu daerah dengan data positif tertinggi ketiga nasional, setelah DKI Jakarta dan Jawa Barat,” jelas dia.

Kemudian, Budi Gunawan juga meminta masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan agar penularan Covid-19 di tanah air bisa ditekan. Dia juga berharap seluruh masyarakat mendukung semua program vaksinasi Covid-19 agar ikhtiar dari pemerintah bisa dapat segera mewujudkan kekebalan komunal.

"Kami sangat berharap untuk dukungan dari seluruh masyarakat agar upaya ikhtiar dari pemerintah ini segera bisa mewujudkan herd immunity Indonesia atau tingkat kekebalan Indonesia mencapai 70 persen sebagaimana syarat dari WHO," ungkap dia.

Pada kesempatan itu Budi Gunawan juga memberikan 3.000 bantuan sembako kepada warga Semarang. Dia berharap bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat di masa-masa ini. Sebab, di masa PPKM Darurat banyak masyarakat yang terhambat dalam mencari nafkah. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi warga dan keluarga,” kata dia.

Salah satu warga RT 01/08 Kelurahan Tambak Rejo, Pujiati, mengaku sangat senang dengan kunjungan dan program vaksinasi kali ini. Dia menilai, program vaksinasi door to door amat membantu karena selain tak perlu mengeluarkan biaya, dia juga tak perlu mengantre untuk mendapatkan vaksin.

“Saya ucapkan terima kasih sudah dibantu untuk vaksinasi gratis, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Kemudian, juga lebih lebih mudah tidak mengantre, serta dapat bantuan sembako juga,” ujar dia.

Senada, salah satu warga penerima bantuan sembako di RW 13 Kampung Tambak Lorok, Semarang, Nurkhasanah mengatakan, bantuan yang diberikan sangatlah bermanfaat bagi dirinya dan keluarga. “Saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. Sangatlah membantu bagi saya dan warga lain di wilayah kami,” jelas dia.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Korelasi Antara Angka Kematian Covid dan Capaian Vaksinasi

Pemuda Muhammadiyah Dukung BIN Vaksinasi Door to Door

BIN Vaksinasi Door to Door Warga Semarang

Mataram Terima 5.000 Dosis Vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 Mengandung Chip? Ini Jawaban Pakar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark