RS Lapangan Bantul Belum Pernah Alami Darurat Oksigen

Red: Muhammad Fakhruddin

Tempat tidur pasien di rumah sakit mini di Shelter Gose Covid-19, Bantul, Yogyakarta, Kamis (18/2). RSU PKU Muhammadiyah menyulap lapangan futsal menjadi shelter pasien Covid-19 OTG. Shelter darurat ini memiliki 32 bilik untuk 16 pasien laki-laki serta 16 pasien perempuan. Selain itu, di sini juga dilengkapi rumah sakit mini serta dokter dan empat perawat yang berjaga.
Tempat tidur pasien di rumah sakit mini di Shelter Gose Covid-19, Bantul, Yogyakarta, Kamis (18/2). RSU PKU Muhammadiyah menyulap lapangan futsal menjadi shelter pasien Covid-19 OTG. Shelter darurat ini memiliki 32 bilik untuk 16 pasien laki-laki serta 16 pasien perempuan. Selain itu, di sini juga dilengkapi rumah sakit mini serta dokter dan empat perawat yang berjaga. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebut bahwa Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bantul belum pernah mengalami darurat oksigen meskipun pasien yang membutuhkan oksigen meningkat menyusul lonjakan kasus terpapar virus corona.

"Terkait dengan oksigen, Alhamdulillah sampai hari ini rumah sakit lapangan belum pernah terjadi darurat oksigen," kata Kepala Dinas Kesehatan Bantul Agus Budi Raharjo di Bantul, Sabtu (25/7).

Menurut dia, pihaknya selalu berupaya memenuhi kebutuhan oksigen di rumah sakit agar pasien yang perlu dukungan oksigen dapat tertangani dengan baik, bahkan akan berupaya membantu rumah sakit rujukan COVID-19 lain yang mengalami keterbatasan.

Dia menambahkan, seperti yang baru saja didapat RS Lapangan COVID-19 yaitu menerima pasokan oksigen sebanyak 30 tabung dari salah satu pabrik produksi oksigen medis di Yogyakarta.

RS Lapangan COVID-19 yang dibangun Pemkab Bantul di gedung bekas Puskesmas Bambanglipuro sejak awal-awal pandemi masuk Bantul tersebut memiliki kapasitas 50 tempat tidur untuk isolasi pasien konfirmasi positif, dan ruang-ruang isolasi bertekanan negatif.

"Kebutuhan oksigen rata-rata di RS lapangan sekitar 30 sampai 40 tabung per hari, tetapi kita secara militan terus-menerus menyiapkan untuk oksigen bagaimana caranya supaya oksigen ada tersedia di sini," kata Direktur RS Lapangan Khusus Covid-19 (RSLKC) Bantul Tarsisius Glory.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


PMI Banjarnegara Ajak Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma

PMI Cianjur Krisis Stok Darah Berbagai Golongan

Polres Pekalongan Gandeng Wartawan Salurkan Bansos Covid-19

Satgas Covid 19 Banyumas Gelar Patroli Skala Besar

Wagub Jabar Minta Masyarakat Antisipasi Bencana Alam

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark