Selasa 27 Jul 2021 15:37 WIB

UNS jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021

Pemeringkatan ini telah dirintis dan diinisiasi oleh Universitas Indonesia (UI).

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin
UNS jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021. Ilustrasi UI Greenmetric
Foto: nottingham
UNS jadi Tuan Rumah Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021. Ilustrasi UI Greenmetric

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menjadi tuan rumah digelarnya Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021. Lokakarya akan dilaksanakan secara daring pada Rabu-Kamis (28–29/7).

Koordinator Green Campus UNS, Suryanto, mengatakan UI GreenMetric World University Ranking merupakan pemeringkatan universitas tingkat dunia untuk mengimplementasi kegiatan kampus yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Pemeringkatan ini telah dirintis dan diinisiasi oleh Universitas Indonesia (UI) pada 2010. Tahun 2020, sebanyak 912 universitas dari 84 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Pemeringkatan UI GreenMetric pada Desember 2020 menyebutkan UNS memperoleh peringkat 7 level nasional dan peringkat 99 level internasional.

"UI GreenMetric setiap tahun menyelenggarakan lokakarya dan bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ditunjuk secara bergiliran. Tahun ini UNS terpilih sebagai tuan rumah kegiatan Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2021. Tema yang diangkat adalah Universities, UI GreenMetric, and SDGs in the Time of Pandemic," terang Suryanto, seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (27/7).

Suryanto menambahkan, tujuan diadakannya lokakarya tersebut untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan lingkungan berkelanjutan. Kemudian, untuk meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau. Selain itu, menambah pengetahuan seluruh partisipan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam mencapai SDGs 2030 khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Serta, mendorong perubahan nyata untuk bertindak mengatasi tantangan global yang muncul melalui kerja sama secara global secara berkelanjutan.

 

Target peserta pada lokakarya tersebut antara lain Universitas, Institut, Politeknik di Indonesia, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sekretaris Daerah Jawa Tengah, Wali Kota Solo, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kabupaten/kota di eks Karesidenan Surakarta yang mencakup Solo, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, dan Klaten, serta Pimpinan Satuan Kerja di Lingkungan UNS.

Sementara itu, Ketua Pemeringkatan UI GreenMetric UNS, Murtanti Jani Rahayu, menambahkan, Lokakarya tersebut akan menghadirkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya, sebagai keynote speaker. Sedangkan para narasumber berasal dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Diponegoro (Undip), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Negeri Padang, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Terbuka, Universitas Dinamika, Universitas Katolik Parahyangan, dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Lokakarya ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen dan memperluas partisipasi perguruan tinggi dalam pengelolaan kampus hijau. "Dalam lokakarya ini akan dipresentasikan praktek-praktek keberhasilan (best practise) implementasi dari UI GreenMetric termasuk pelatihan pengisian kuisioner UI GreenMetric. Selain itu, akan dibahas mengenai isu pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di perguruan tinggi," papar Murtanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement