Rabu 28 Jul 2021 09:01 WIB

Wali Kota Salatiga Ajak Masyarakat Dukung Donor Konvalesen

Banyak masyarakat yang membutuhkan dukungan plasma konvalesen.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mendonorkan plasma konvalesen melalui PMI Kota Surakarta, Selasa (27/7).
Foto: Istimewa
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mendonorkan plasma konvalesen melalui PMI Kota Surakarta, Selasa (27/7).

REPUBLIKA.CO.ID,SALATIGA -- Para pasien yang saat ini masih berjuang melawan Covid-19 tidak hanya membutuhkan bantuan ekonomi dan pemenuhan kebutuhan pokoknya. Namun juga sangat membutuhkan pendonor konvalesen.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto mengatakan, berdasarkan pengalamannya, donor konvalesen saat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung terapi penyembuhan para pasien yang terpapar Covid-19.

Setelah sebelumnya sempat dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan telah dinyatakan sembuh, wali kota bersama salah satu anggota keluarganya mendonorkan plasma konvalesen di PMI Surakarta, pada Selasa (27/7) kemarin.

"Dari keterangan petugas PMI setempat, saat kami mendonorkan plasma konvalesen, ternyata sudah ditunggu 37 orang dari keluarga/ kerabat pasien penderita Covid-19 dari beberapa rumah sakit," jelasnya, Rabu (28/7).

Dari informasi tersebut, lanjut Yuliyanto, saat ini masih banyak masyarakat yang membutuhkan dukungan plasma konvalesen untuk membantu para pasien Covid-19 yang saat ini masih menjalani perawatan.

Artinya, selain bantuan ekonomi dan dukungan kebutuhan pokok, donor plasma konvalesen juga sangat dibutuhkan pasien Covid-19 sebagai ikhtiar untuk mendukung proses trrapi penyembuhan.

Dalam situasi seperti sekarang ini, masyarakat harus saling membantu, apalagi untuk donor plasma --yang seringkali-- mendesak kebutuhannya sebagai upaya untuk membantu kesembuhan pasien Covid-19.

"Jadi kita --penyintas Covid-19 yang sidah dinyatakan sembuh-- juga harus peduli untuk mendonasikan plasma konvalesen untuk mebantu pasien lain yang sangat membutuhkan," tegasnya.

Wali kota juga menyampaikan, sebelumnya --bersama keluarga-- memang telah melikuskan niatnya mendonorkan plasma konvalesen untuk menolong sesama penderita Covid-19 yang membutuhkan.

Karena salah satu anggota keluarganya --saat dinyatakan positif Covid-19-- juga  mendapat bantuan donor plasma konvalesen untuk membantu proses terapi hingga akhirnya sembuh dari Covid-19. 

Sebetulnya istri dan anak- anak yang lain juga berniat mendonorkan plasma konvalesennya. Hanya saja yang memenuhi syarat untuk bisa mendonorkan plasma konvalesen hanya dirinya dan anak sulungnya.

"Mudah- mudahan donor plasma konvalesen kami bermanfaat dan dapat menyembuhkan pasien Covid-19 lainnya, yang saat ini sedang menanti dan membutuhkan untuk kebutuhan terapi konvalesen," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement