Civitas Akademika UMP Berkomitmen Donor Plasma Konvalesen

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto UMP | Foto: DOK UMP

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Untuk membantu kesembuhan pasien yang terpapar Covid 19, jajaran civitas akademika Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, berkomitmen untuk menjadi donor plasma konvalesen. Hal itu disampaikan Rektor UMP Dr Jebul Suroso dalam webinar yang digelar UMP, Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan PMI Kabupaten Banyumas, Rabu (28/7).

''UMP termasuk yang terdampak Covid-19. Hingga saat ini ada cukup banyak pegawai, dosen, dan mahasiswa yang terkena covid-19 dan alhamdulillah sebagian besar telah sembuh. Mereka ini sudah menyatakan komitmennya untuk bergabung menjadi pendonor plasma,'' jelasnya.

Ia berharap, donor plasma konvalesen dari kalangan dosen dan pegawai UMP, bisa membantu mengatasi tingginya kebutuhan plasma yang terjadi saat ini. Sejak awal terjadi pandemi Covid 19, UMP telah mengambil berbagai langkah kebijakan untuk mendukung pemerintah menangani sekaligus mencegah makin meluasnya pandemi.  

''Sejak awal, hal ini menjadi komitmen kami selaku pengelola amal usaha persyarikatan Muhammadiyah untuk membantu pemerintah,'' katanya.  

Berbagai hal yang dilakukan UMP, antara lain dalam bentuk menjalin kerja sama dengan Pemkab Banyumas dan PMI Banyumas dalam hal memenuhi kebutuhan relawan. Terutama terkait relawan yang bertugas di garda terdepan penanganan Covid-19. ''Kami menerjunkan ratusan relawan untuk membantu nakes di Banyumas menangani covid,'' jelasnya.

Selain mengerahkan relawan dari kalangan mahasiswa dan dosen, UMP juga sedang dalam proses pendirian rumah sakit darurat covid. ''Saat ini, rencana pendirikan Rumah SAkit Darurat Covid-19 UMP masih dalam proses. Mudah-mudakan pekan depan sudah bisa beroperasi,'' ujar dia.

Sedangkan untuk membantu proses karantina, UMP juga telah menjadikan Hotel UMP di Kecamatan Purwokerto Timur untuk menjadi tempat karantina. ''Secara periodik, kami juga melakukan pembagian paket sembako bagi saudara-saudara kita yang terdampak covid,'' katanya.

Kepala PMI Kabupaten Banyumas Sadewo Tri Lastiono yang diwakili Dibyo Yuwono, menyampaikan apresiasi kepada UMP atas berbagai kegiatan kemanusiaan yang sudah diberikan UMP dalam rangka mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Terutama terkait komitmen jajaran civitas akademika UMP untuk menjadi donor konvalesen.

''Kami dari PMI memberi  apresiasi yang setinggi-tingginya kepada rektor UMP dan segenap civitas akademika yang selalu membantu tugas-tugas kemanusiaan dalam penanganan covid,'' ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Aksi Solidaritas Bantu Warga Isoman Meningkat di Kota Malang

Pemkab Banyumas Cairkan Insentif Nakes Rp 6,6 Miliar

Limbah Medis Covid-19 Capai 18.460 Ton

Hadirnya Ketum Berkarya Motivasi Tim Vaksinasi Karya Kita

Begini Cara Ridwan Kamil Cari Dana Tambahan Tangani Covid-19

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark