Sebagian Besar Lulusan Keperawatan Unissula Langsung Kerja

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Sebagian Besar Lulusan Keperawatan Unissula Langsung Kerja Kampus Unissula
Sebagian Besar Lulusan Keperawatan Unissula Langsung Kerja Kampus Unissula | Foto: Unissula

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Sebanyak 97 persen lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, langsung terserap dunia kerja sesuai dengan disiplin keilmuannya. Mereka bahkan telah diterima bekerja sebelum pengambilan sumpah profesi.

Dekan FIK Unissula, Iwan Ardian SKM MKep mengungkapkan, FIK Unissula kembali melaksanakan pengambilan sumpah Ners (perawat), untuk angkatan ke-XII periode tahun 2021, pada Rabu (28/7) kemarin.

Dari jumlah 101 lulusan yang melaksanakan pengambilan sumpah profesi tersebut, sebanyak 89 lulusan di antaranya telah terserap oleh sejumlah rumah sakit, baik milik pemerintah maupun swasta.

“Ini menjadi salah satu kebanggaan bagi FIK Unissula, karena mereka telah terserap dunia kerja sebalum sumpah profesi dilaksanakan,” ungkapnya, dalam keterangan kepada Republika, di Semarang, Jumat (30/7).

Menurut Ardian, sebanyak 40 orang lulusan telah terserap dan langsung bekerja di RS Sari Asih dan rumah sakit jaringannya, 20 orang lulusan bekerja di RSI Sultan Agung dan RS Keluarga Sehat, Pati sebanyak 15 orang lulusan.

Selain itu, lulusan yang langsung bekerja di RS Omni dan RS Primaya masing- masing sebanyak lima orang lulusan dan langsung bekerja di RSUP dr Kariadi, RS Bakti Asih Brebes, RS Hermina serta RS Harapan Kita Jakarta masing masing sebanyak satu orang.

“Di luar itu, beberapa lulusan juga langsung bekerja di kota asal masing- masing sebanyak 10 lulusan dan lulusan yang melanjutkan studi untuk mengambil Magister Keperawatan sebanyak dua orang lulusan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ardian menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga akan capaian para lulusan profesi Ners FIK Unissula tersebut. Menurutnya, hal itu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

Karena Program Ners Unissula berhasil lulus 100 persen dalam dua tahun terakhir. “Sehingga berhak mendapatkan penghargaan Diamond Tertinggi I tingkat nasional, dengan kategori peserta lebih dari 100 orang lulusan,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Rektor I Unissula, Dr Umar Ma’ruf SH SpN MHum mengharapkan, para lulusan yang telah melaksanakan sumpah profesi Ners juga bisa terus berprestasi di tempat bekerja masing- masing. Terlebih di era pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai.

Profesi Ners, jelasnya, memiliki tanggung jawab moral atas sumpah yang telah dilaksanakan. maka sumpah profesi tersebut harus bisa diimplementasikan sebaik- baiknya dalam lingkungan kerjanya.

“Teruslah memberi manfaat kepada orang lain, sebagaimana yang diteladankan oleh Rasulullah, Nabi Muhammad SAW, sebaik- baik kalian adalah yang paling banyak memperi manfaat pada umat manusia yang lain,” ungkapnya.

Umar Ma’ruf juga memuji kinerja jajaran FIK Unissula, yang telah berhasil mengukir berbagai prestasi gemilang di level nasional. Termasuk juga dalam mempertahankan tradisi lulus 100 persen.

Tak hanya itu, 101 lulusannya –sebagian besar-- sudah langsung bekerja. “Saya kira ini juga menjadi salah satu prestasi yang luar biasa dan bisa menjadi motivasi bagi yang lain,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


85 Peserta Lolos Seleksi Beasiswa Studi Bahasa Unissula

6 Ribu Warga Telah Divaksinasi Melalui Sentra di Unissula

Unissula Kembali Buka Jalur Beasiswa KIP K

Pakar: Pasang Bendera Saat Bangun Rumah Jangan Dipidana

Unissula Disinveksi Lingkungan Rumah Dosen dan Karyawan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark