UMS Kembali Lahirkan 14 Dokter Gigi Berprestasi Periode XV

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) laksanakan pelantikan dokter gigi periode ke-XV secara daring pada Sabtu (31/7).
Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) laksanakan pelantikan dokter gigi periode ke-XV secara daring pada Sabtu (31/7). | Foto: dok Humas UMS

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali melaksanakan pelantikan dokter gigi untuk kali ke-XV dengan jumlah 14 dokter gigi. Pelantikan dilaksanakan secara daring.

Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran Gigi UMS, Morita Sari mengatakan, pada periode ini terdapat 14 mahasiswa yang berhasil dikukuhkan sebagai dokter gigi yang berprestasi. Hal itu terlihat dari Indeks Preatasi Kumulatif (IPK) yang dihasilkan. "Alhamdulillah untuk lulusan kali ini hampir setengahnya memiliki IPK 4," jelasnya.

Dalam sambutannya, Rektor UMS, Sofyan Anif menyampaikan, bidang kesehatan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) secara keseluruhan. "Tidak hanya pendidikan, bidang kesehatan juga memiliki pengaruh yang signifikan," ujar rektor.

Sofyan Anif juga memaparkan persyaratan menjadi dokter Muhammadiyah yang profesional yakni, membekali diri dengan keilmuan serta memiliki semangat literasi yang cukup baik, dan membangun relasi yang luas. Kemudian, syarat yang terakhir, bekerja atau mengabdi secara profesional.

"Jaringan baik kepada rekan sesama dokter gigi UMS, dengan dokter gigi kampus lain dan bahkan dengan dokter gigi beda negara," ujar Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan UMS tersebut.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) UMS, Ahmad Dahlan Rais, menekankan pentingnya memiliki bekal ketakwaan dalam mengemban amanah sebagai dokter gigi. "Ilmu dalam Islam harus diimbangi wahyu," ujarnya.

Menurut Dahlan Rais, jika ilmu yang dimiliki tidak dibarengi dengan agama yang kuat, maka akan menimbulkan kekacauan dan akan merugikan manusia bahkan juga kemanusian.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


UMS Bantu Tangani Seleksi Perangkat Desa di Sragen

Mahasiswa UMS Jadi Duta Kampus Mengajar Kemendikbudristek

FKIP UMS Gelar Pelepasan Pelaksanaan PLP 2 Tahun 2021

FKIP UMS Berinovasi Model Baru PLP 2 di Masa Pandemi

Mahasiswa UMS Sabet Medali Emas Olimpiade Nasional

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark