Stok Oksigen di Solo Sudah Relatif Aman

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Warga mengantre untuk melakukan isi ulang oksigen pada kegiatan Solo Berbagi Oksigen Gratis di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (31/7/2021).
Warga mengantre untuk melakukan isi ulang oksigen pada kegiatan Solo Berbagi Oksigen Gratis di Rumah Dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (31/7/2021). | Foto: ANTARA/Maulana Surya

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, menyatakan stok oksigen medis rumah sakit di Solo sudah relatif aman. Hal itu dikarenakan banyaknya bantuan oksigen dari berbagai pihak kepada Pemkot Solo. Selain itu, tingkat keterisian tempat tidur pasien (BOR) Covid-19 juga sedikit menurun.

"Ini sudah relatif aman dibandingkan yang kemarin-kemarin, meskipun dua hari lalu ada yang (stok oksigennya) kritis tapi sudah terselesaikan," kata Siti kepada wartawan, Senin (2/8).

Oleh sebab itu, dia meminta kepada rumah sakit agar tertib melakukan pengisian di sistem informasi rumah sakit (SIRS) online dan Jateng Oxygen Stock System (JOSS). Sehingga, stok oksigen di rumah sakit dapat terpantau dari waktu ke waktu.

Terkait kebutuhan oksigen, menurutnya masih fluktuatif. Total kebutuhan oksigen rumah sakit di Solo mencapai 59 tpn per hari.

"Ini kasusnya fluktuatif, dan itu kemungkinan kebutuhan itu saya hitung kebutuhan optimal. Tetapi kalau pasiennya berkurang otomatis kan pemakaiannya juga berkurang dan nanti stoknya itu juga akan berkurang," imbuhnya.

Siti menyatakan angka kebutuhan oksigen tersebut tidak bisa langsung diturunkan. Sebab, sebagian rumah sakit di Solo merupakan rujukan Covid-19. Sehingga, dia tetap berharap posisi ketersediaan oksigen aman.

"Rumah sakit sendiri jangan lupa mengisi sistem informasi rumah sakit online dan jangan lupa ngisi JOSS. Sehingga kalau ada apa-apa itu bisa dimonitor," pungkasnya.

Sebelumnya, bantuan oksigen kepada Pemkot datang dari sejumlah pihak. Antara lain dari Shopee di Singapura dan dari Bank Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Ganjar Minta Jateng Tetap Siaga Covid-19

Antam Salurkan Oksigen dan Regulator di Wilayah Operasi

Ilmuwan Buat Kecerdasan Buatan untuk Deteksi Awal Covid-19

Sudah Dua Dosis Vaksin, Tetap Jaga Prokes Dong!

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark