Provinsi Luar Jawa Diminta Waspada Kenaikan Kasus Covid-19

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut ada tiga daerah yang dapat menjadi contoh dalam penerapan PPKM Mikro agar lebih mudah dan efektif.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut ada tiga daerah yang dapat menjadi contoh dalam penerapan PPKM Mikro agar lebih mudah dan efektif. | Foto: Satgas Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan provinsi-provinsi di luar Jawa mewaspadai kenaikan kasus positif Covid-19 di daerahnya. Wiku menyebut wilayah luar Pulau Jawa yang harus waspada ada di Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kasus positif di ketiga pulau itu terus mengalami kenaikan selama tiga minggu berturut-turut. "Saya ingin tetap menyampaikan beberapa provinsi yang harus terus waspada karena masih mengalami kenaikan kasus positif tiga pekan berturut-turut. Provinsi tersebut didominasi dari Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi," ujar Wiku saat konferensi pers, Selasa (3/8).

Wiku menyampaikan, hampir semua provinsi di Pulau Sumatra masih menunjukan kenaikan selama tiga pekan terakhir, kecuali di Kepulauan Riau yang telah menunjukan penurunan kasus. Sedangkan di Kalimantan, seluruh provinsinya masih menunjukan kenaikan tiga pekan berturut-turut, kecuali di Kalimantan Barat yang sempat mengalami penurunan.

"Selain itu di Pulau Sulawesi seluruh provinsinya juga menunjukkan kenaikan selama tiga pekan kecuali Sulawesi Tenggara dan Gorontalo yang sempat mengalami penurunan," tambah dia.

Sementara itu di Pulau Jawa juga terdapat provinsi yang masih menunjukan kenaikan kasus positif selama dua pekan terakhir yakni di DI Yogyakarta. Wiku menekankan, kenaikan kasus yang juga masih terjadi di sebagian besar wilayah tersebut harus menjadi perhatian bersama. Menurut dia, kenaikan kasus ini juga bisa terjadi karena pemerintah daerah dan masyarakatnya masih lengah sebab daerahnya tak menerapkan PPKM level 4.

Karena itu, Wiku meminta kepada seluruh pemerintah daerah dan masyarakat dari provinsi-provinsi ini agar segera menyiapkan langkah menghadapi kenaikan kasus. "Dengan masih naiknya kasus kurang lebih selama tiga pekan terakhir, maka perlu antisipasi dan kesiapan dari seluruh fasilitas kesehatan di daerahnya masing-masing," kata dia.

Ia mengingatkan agar daerah memastikan ketersediaan tempat tidur dengan mengkonversi tempat tidur rumah sakit untuk pasien Covid-19 atau membuka tempat isolasi terpusat jika dibutuhkan. Selain itu, suplai oksigen dan obat-obatan juga harus dipastikan tercukupi dan terdistribusi dengan baik.

"Dimohon untuk memperkuat peran posko agar pengawasan dan kepatuhan protokol kesehatan oleh unsur TNI atau Polri di wilayah masing-masing dapat ditingkatkan," ujar Wiku.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


LIB Yakin Satgas Covid-19 di Stadion Bisa Perketat Prokes

2.654 Kelurahan Masih Rendah dalam Kepatuhan Memakai Masker

Angka Kematian Gelombang Kedua Covid-19 Mencapai 400 Persen

Daerah Diminta Tingkatkan Kualitas Penanganan Pasien Covid

Setiap Daerah di Jabar Diminta Siapkan Lokasi Karantina

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark