Selasa 03 Aug 2021 22:36 WIB

UMY Gelar Pelatihan Karya Tulis dan Presentasi Ilmiah

Pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan menulis, presentasi dan debat mahasiswa.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin
UMY Gelar Pelatihan Karya Tulis dan Presentasi Ilmiah. Kampus UMY.
Foto: Wahyu Suryana.
UMY Gelar Pelatihan Karya Tulis dan Presentasi Ilmiah. Kampus UMY.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Prodi Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) jadi prodi yang mendapat Hibah Kompetisi Kampus Merdeka Kemendikbudrisetk. Salah satu aktivitas yang dijalankan dalam program ada peningkatan prestasi mahasiswa.

Aktivitas ini bertujuan untuk meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) jumlah mahasiswa yang berprestasi minimal tingkat nasional. Pada 2-7 Agustus 2021, Prodi HI UMY menggelar pelatihan karya tulis dan presentasi ilmiah.

Dipilihnya tema ini berdasarkan kepada penilaian yang telah dilakukan terlebih dulu terhadap minat, bakat dan kemampuan akademik mahasiswa dalam berkompetisi. Digelar memakai metode penyampaian materi, penugasan mandiri dan pendampingan.

Ketua Prodi HI UMY, Dr Nur Azizah mengatakan, pelatihan bertujuan meningkatkan kemampuan menulis, presentasi dan debat mahasiswa dengan output draft essay. Ia berharap, dengan pelatihan bisa membuat mahasiswa dapat menuangkan gagasannya.

"Semoga ini dapat meningkatkan prestasi mahasiswa HI UMY," kata Nur, Selasa (3/8).

Pelatihan diikuti 100 mahasiswa memakai metode luring dan daring. Menghadirkan tiga pelatih yaitu presentasi dari Dr Sugito, penyusunan karya tulis dari Adde Marup Wirasenjaya dan teknik argumentasi dari Muhammad Iqbal Fachrul Rozy.

"Setelah mendapatkan materi peserta mengerjakan tugas mandiri dan pada 7 Agustus 2021 dilanjut pertemuan diskusi pengembangan ide dengan dosen selaku fasilitator ," ujar Nur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement