Pandemi Covid-19 Dinilai Ubah Konsep Hunian

Red: Fernan Rahadi

Hunian dengan konsep co-living yang diusung Cove.
Hunian dengan konsep co-living yang diusung Cove. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung di Indonesia sejak 16 bulan yang lalu telah mengubah sebagian besar perilaku masyarakat serta juga mengubah fungsi hunian. Jika sebelum pandemi hunian merupakan tempat istirahat dan berkumpul bersama keluarga, namun saat ini, terutama selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hunian menjadi tempat belajar dan bekerja yang sangat penting bagi produktivitas dan kenyamanan setiap individu. 

Dengan kondisi demikian, masyarakat khususnya generasi milenial dan gen Z harus memastikan kebutuhan hunian aman dan nyaman terpenuhi agar tidak jenuh selama berada di dalam hunian. Tidak heran jika hunian co-living semakin populer dan banyak diminati di Indonesia selama pandemi. Salah satunya Cove, co-living asal Singapura yang telah ekspansi ke Indonesia pada Juni 2020.

Konsep co-living yang diusung Cove dinilai sangat membantu para penghuni di masa pandemi seperti ini. Salah satu wujud konsep co-living (communal living) adalah orang-orang di dalamnya tidak hanya tinggal satu atap, namun mereka dapat saling berbagi cerita, saling mendukung, dan saling menguatkan satu sama lain, layaknya keluarga. 

"Misi kami adalah untuk menyediakan hunian yang aman dan nyaman bagi generasi milenial dan Gen Z. Tidak hanya kami menyediakan hunian yang sudah dilengkapi fasilitas lengkap dan desain modern, keamanan dan kesehatan penghuni menjadi prioritas kami," kata Country Director of Sales and Marketing Cove, Sarah Humaira, dalam siaran pers, Rabu (4/8).

Dari awal pandemi, ujar Sarah, Cove memastikan para staf telah mengikuti dan lulus dari pelatihan dan sertifikasi pencegahan penyebaran Covid-19 dari Rumah Sakit Siloam. Frekuensi pembersihan area umum dengan desinfektan juga ditingkatkan dan telah tersedia hand sanitizer di berbagai area properti. "Seluruh area properti Cove adalah area wajib masker dan social distancing, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya.

Cove menyediakan hunian fully-furnished dengan fasilitas lengkap dan desain stylish agar kebutuhan hunian para penyewa terpenuhi, dan merasa betah seperti tinggal di dalam rumah sendiri. Fasilitas yang disediakan sudah termasuk harga sewa unit kamar sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, seperti laundry, wifi berkecepatan tinggi, housekeeping, dan maintenance bulanan. Setiap kamar dilengkapi meja dan kursi kerja, AC, nakes, dan lemari. Para penyewa tinggal check-in dan membawa koper. 

“Hunian yang nyaman sangat penting bagi para penyewa untuk menjaga kesehatan mental agar tidak mudah stress tetap terinspirasi, dan tetap produktif selama masa pandemi. Kami bersemangat untuk memenuhi kebutuhan akan hunian terjangkau, dan kami berharap Cove dapat menjadi alternatif hunian ideal bagi masyarakat Indonesia dan memberikan dampak positif bagi para penghuni," ujar Sarah.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


Rontgen Paru Pasien Covid-19 Ungkap Pentingnya Vaksinasi

Pengecatan Pesawat Kepresidenan Dianggap Kontraproduktif

RI Diharap Kembali Jadi Negara Pendapatan Menengah Atas 2022

ITAGI: Terlalu Dini Bahas Dosis Booster untuk Masyarakat

Pasokan Oksigen untuk Tangani Covid-19 di Sukabumi Aman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark