KA Bandara YIA Siap Beroperasi pada 17 Agustus

Red: Yusuf Assidiq

Proyek pembangunan jalur kereta menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu (23/12). Jalur kereta api dengan panjang 5,4 kilometer dari Stasiun Kedundang- YIA dengan biaya mencapai Rp 1,1 triliun. Jalur kereta api ini ditargetkan selesai pada akhir 2021.
Proyek pembangunan jalur kereta menuju Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, Yogyakarta, Rabu (23/12). Jalur kereta api dengan panjang 5,4 kilometer dari Stasiun Kedundang- YIA dengan biaya mencapai Rp 1,1 triliun. Jalur kereta api ini ditargetkan selesai pada akhir 2021. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menyampaikan uji coba lintasan Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo, DIY, dengan jalur dari Stasiun Kedundang - Stasiun YIA oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) pada Kamis 5 Agustus 2021 berjalan lancar.

"Angkasa Pura I menargetkan pengerjaan stasiun kereta api Bandara YIA dapat selesai pada 14 Agustus sehingga pengoperasian KA Bandara YIA dapat dilakukan oleh KAI pada 17 Agustus mendatang. Nantinya, Stasiun YIA akan terhubung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta untuk mengakomodir penumpang pesawat yang menggunakan angkutan kereta api," kata Faik Fahmi dalam keterangannya.

Menurut dia, uji coba ini merupakan pengecekan jalur lanjutan dengan lokomotif yang telah dilaksanakan juga sebelumnya pada 19 Juli 2021. Ia mengatakan, untuk mendukung keberadaan KA Bandara YIA, Angkasa Pura I membangun peron Stasiun KA Bandara seluas 4.000 meter persegi dengan kapasitas 200 orang, yang hingga saat ini kemajuan pengerjaannya mencapai 96 persen.

Stasiun KA Bandara YIA ini juga telah dilengkapi dengan overcapping peron sepanjang 200 meter dan lebar 20 meter dengan kemajuan pekerjaan yaitu 75 persen. Faik menyebut, target penyelesaian pekerjaan stasiun kereta api bandara secara keseluruhan adalah 14 Agustus 2021 dan dilanjutkan dengan pengoperasian KA Bandara yang rencananya dilakukan mulai  17 Agustus 2021.

Ia menambahkan, kehadiran kereta api bandara akan meningkatkan aksesibilitas YIA, sehingga calon penumpang memiliki alternatif moda transportasi dengan jarak tempuh yang lebih cepat, lebih kurang 36 menit dari kota Yogyakarta. Nantinya, calon penumpang dapat lebih mudah untuk melakukan perjalanan dari dan ke YIA.

Dengan beroperasinya kereta api bandara, YIA menjadi bandara dengan konektivitas dan moda transportasi pendukung yang lengkap dan terintegrasi (kereta api bandara, shuttle bus, bus DAMRI, taksi, dan angkutan darat lainnya).

YIA juga dapat menjadi bandara yang mampu mengakomodir kebutuhan transportasi dengan konektivitas yang tidak hanya mencakup wilayah Yogyakarta, namun juga sampai ke ujung batas wilayah Jawa Tengah (Cilacap, Purwokerto, Kebumen, dan Banjarnegara).

sumber : Antara.
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


GM Angkasa Pura I Juanda meninggal dunia

PPKM Level 4, AP II Minta Penumpang Patuh Syarat Penerbangan

Semester I, Volume Kargo di Bandara AP II Naik 30 Persen

Zona Kuning Tingkat RT di Kulonprogo Meningkat

Produksi Ikan Budi Daya di Kulonprogo Capai 29,48 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark