UMY Vaksinasi Dosis Pertama untuk Mahasiswa

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

UMY Vaksinasi Dosis Pertama untuk Mahasiswa. Kampus UMY.
UMY Vaksinasi Dosis Pertama untuk Mahasiswa. Kampus UMY. | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID,BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Polda DIY melaksanakan vaksinasi dosis pertama untuk mahasiswa. Sebanyak 2.000 dosis vaksin jenis Sinovac diberikan menggunakan sistem drive thru demi menghindari kerumunan.

Wakil Rektor UMY Bidang Akademik, Prof Sukamta, menyambut baik fasilitas berupa vaksinasi dari Polda DIY yang diberikan untuk mahasiswa UMY. Ia berharap, vaksinasi ini masih bisa berlanjut untuk 18.000 mahasiswa UMY lain.

Ia menyadari, vaksinasi dosis pertama memiliki jumlah terbatas 2.000 dosis saja. Sedangkan, jumlah mahasiswa aktif UMY kurang lebih berjumlah 20.000, sehingga memang masih banyak mahasiswa yang belum menerima vaksinasi gratis tersebut.

"Rencananya, untuk pemberian dosis kedua 2.000 dosis akan digelar pada September mendatang di tempat yang sama," kata Sukamta di Sportorium Kampus Terpadu UMY, Senin (9/8).

Sebelumnya, mahasiswa mendaftar melalui platform pendaftaran Google Form. Sistem pemberian vaksin juga menerapkan jalur terpisah bagi laki-laki dan perempuan dengan vaksinator dari Fakultas Ilmu Kedokteran dan Kesehatan (FKIK) UMY.

Kapolda DIY, Irjen Asep Suhendar menuturkan, jumlah pasien terkonfirmasi positif covid sudah turun 40 persen dari dua pekan lalu. Maka itu, ia menilai, vaksinasi perlu dilakukan masif sebagai bagian dari Tracing, Testing, Treatment (3T).

"Semakin banyak yang kita vaksin, semakin terbentuk herd immunity. Kita lihat di luar negeri yang sudah vaksinasi bisa menggelar agenda olahraga dihadiri banyak penonton. Harapannya, vaksin ini bisa memutus rantai penyebaran," ujar Asep. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Tenda Darurat Ruang Isolasi Covid-19 di Palangkaraya

Instruksi Jokowi untuk Atasi Kenaikan Kasus Covid-19

Sleman Target Rampungkan 70 Persen Vaksinasi Tahun Ini

Kulonprogo Peroleh Tambahan 20 Tenaga Kesehatan dari Pusat

PDM Karanganyar Gelar Vaksinasi Covid-19 Gratis 5.000 Dosis

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark