Senin 16 Aug 2021 18:54 WIB

HUT 76 RI, Sleman Siapkan Gerakan Buah

Gerakan ini bertujuan mendorong peningkatan produksi buah lokal.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman, DIY, akan menggelar Gerakan Buah Nusantara dalam rangka peringatan HUT 76 RI. Gerakan ini merupakan kegiatan nasional yang bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi buah lokal dan kesejahteraan petani.

Dorongan dilakukan dengan percepatan pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan kesehatan masyarakat. Tahun ini, kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, lantaran masih dalam suasana pandemi, kegiatan digelar dengan tema Gerakan Konsumsi Mendorong Produksi dan Investasi Buah Nusantara.

Sejumlah agenda disiapkan Pemkab Sleman untuk memeriahkan GBN 2021. Antara lain pemberian paket buah lokal untuk nakes di RSUD Murangan dan RSUD Prambanan, warga miskin di Panti Asuhan Khadijah, dan pasien isolasi mandiri di Desa Tridadi.

Selain itu, akan dilaksanakan bazaar buah di Lapangan Pemda Sleman. Bupati Sleman, Kustini Purnomo berharap, GBN dapat membantu perbaikan perekonomian masyarakat khususnya, petani-petani buah lokal yang ada di Kabupaten Sleman.

Langkah itu diharapkan sekaligus dapat mendorong perubahan perilaku keluarga untuk dapat mengonsumsi buah lokal guna peningkatan gizi keluarga. Sehingga, memiliki imunitas lebih kuat dalam rangka menghadapi penyebaran virus corona.

"Selain dapat diperoleh dengan lebih mudah dan harga yang relatif lebih murah, buah lokal lebih bebas bahan pengawet dengan jalur distribusi pendek, sehingga lebih segar," kata Kustini, Senin (16/8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement