Nadiem Beri Pengantar Penyambutan Mahasiswa Baru UMS

Rep: Binti Sholikah/ Red: Muhammad Fakhruddin

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim, memberikan pengantar di acara Grand Opening (GO) dan Expo UKM dalam rangka penyambutan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tahun ajaran 2021/2022 secara daring pada Senin (23/8).
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim, memberikan pengantar di acara Grand Opening (GO) dan Expo UKM dalam rangka penyambutan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tahun ajaran 2021/2022 secara daring pada Senin (23/8). | Foto: dok Humas UMS

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan Grand Opening (GO) dan Expo UKM dalam rangka penyambutan mahasiswa baru tahun 2021/2022 secara daring pada Senin (23/8). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Makarim, memberikan pengantar secara daring di acara tersebut.

Dalam kesempatan itu, Nadiem menyatakan, menjadi mahasiswa bukan lagi seperti pelajar.

"Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan lebih luas untuk menentukan arah masa depan," kata Nadiem seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Senin.

Nadiem menambahkan, mahasiswa Indonesia dapat mengikuti kampus merdeka, melakukan studi independen, melakukan projek kemanusiaan, melakukan pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

"Pengalaman itu menjadi kendaraan kalian untuk meraih mimpi di masa depan," tegasnya.

Dia juga menyampaikan, keunggulan kampus merdeka mahasiswa tidak perlu berkorban, karena akan ada sistem konversikan nilai. Selain itu, Kemendikbud juga menyediakan program beasiswa gelar maupun non gelar. Salah satunya, beasiswa unggulan yang bisa diikuti oleh mahasiswa baru.

"Saya percaya kemerdekaan adalah nafas pemuda, nafas mahasiswa. Mari kita bergerak serentak, bersama mewujudkan merdeka belajar," tambah Nadiem.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir, juga ikut berpesan kepada mahasiswa baru UMS agar dapat belajar dengan sungguh-sungguh dan dapat membawa misi Muhammadiyah.

"UMS merupakan kampus berkemajuan, baik nasional maupun internasional. Meskipun masih dalam kondisi pandemi semangat itu harus tetap tumbuh untuk mencari ilmu. Mahasiswa juga harus memiliki integritas sebagai modal meraih masa depan dan jangan lupa membawa misi Muhammadiyah," papar Haedar.

Kegiatan penyambutan atau yang lebih akrab dikenal Masa Ta'aruf (Masta), merupakan serangkaian penyambutan mahasiswa baru yang dilaksanakan mulai 23-28 Agustus 2021. Kegiatan Masta ditandai dengan penyematan simbolis oleh Rektor UMS, Sofyan Anif.

Dengan adanya Grand Opening pada hari tersebut maka mahasiswa baru memulai serangkaian masta baik Masta PMB Universitas, Expo UKM, dan Masta IMM.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Peringatan Proklamasi Ke-76 RI di Kantor Kemendikbudristek

Dosen Didorong Tambah Pengalaman Luar Kampus

Soekarno Inspirasi Nadiem Rumuskan Profil Pelajar Pancasila

Tingkatkan Kinerja, Nadiem Disarankan Ajukan Wakil Menteri

Berkah Ramadhan, Mahasiswa Baru UMP Bebas SPP

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark