SMA Pradita Dirgantara Resmi Jadi IB World School

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

SMA Pradita Dirgantara.
SMA Pradita Dirgantara. | Foto: Dokumen.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI – Setelah melalui proses berliku selama 10 bulan, SMA Pradita Dirgantara resmi menjadi International Baccalaureate (IB) World School. Kabar tersebut diterima jajaran manajemen pada Senin (23/8) melalui surel resmi dari pihak IB Organization yang ditujukan kepada Direktur Pengembangan SMA Pradita Dirgantara, Dwi A Yuliantoro.

Dwi mengungkapkan, SMA Pradita Dirgantara resmi menjadi IB world school setelah menyelesaikan beberapa verifikasi menyeluruh dari berbagai aspek sejak Juni 2020.

"Proses candidacy dimulai pada Juni 2020. Lalu, konsultan IB terus memonitoring dan membantu prosesnya mulai September 2020 sampai dengan April 2021," terang Dwi seperti dikutip dari website resmi SMA Pradita Dirgantara, Jumat (27/8).

Dwi menambahkan, setelah proses candidacy tersebut masih dibutuhkan proses consultation verification pada Februari 2021 sebagai simulasi verifikasi final. Pada proses paling krusial, yakni 28-29 Juli 2021, IB expert Toni Hewitt sebagai ketua tim verifikasi dan Amira Dzulkafli sebagai anggota tim melakukan authorization verification visit secara daring ke SMA Pradita Dirgantara. Pada proses ini, seluruh stakeholders menjawab semua pertanyaan yang diajukan saat proses wawancara oleh kedua IB expert tersebut.

Menurut Dwi, kurikulum IB mampu mendorong siswa untuk berwawasan global, berpikiran terbuka (open-minded), berkarakter, dan peka terhadap permasalahan sosial. Sehingga, siswa akan generasi muda yang produktif dalam menciptakan dunia yang lebih baik dengan mengedepankan respect dan intercultural understanding.

Selain itu, IB juga merupakan sebuah framework ekosistem sekolah, tidak hanya bidang kurikulum. IB Organization melakukan review dari visi misi sekolah, kurikulum, sarana-prasarana, sampai hubungan sekolah dengan stakeholders dalam berbagai standar yang telah ditetapkan.

"Framework IB tetap sejalan dengan kurikulum pendidikan nasional. Kolaborasi dan integrasi adalah kunci antara kurikulum nasional dengan IB," kata Dwi.

Setelah resmi menjadi IB World School, SMA Pradita Dirgantara diharapkan dapat menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas secara intelektual, melainkan menjadi calon-calon pemimpin dunia yang berkarakter dan kelak berkontribusi positif untuk komunitas dunia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


SMA Pradita Dirgantara Resmi Jadi IB World School

Siswa SMA Pradita Dirgantara Lolos Program Beasiswa KL YES

SMA Pradita Dirgantara Peringati Dies Natalis ke-3

SMA Pradita Dirgantara Canangkan Revolusi Mental di Sekolah

SMA Pradita Dirgantara Raih Rekor MURI pada SBMPTN 2021

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark