Disiplin Protokol Kesehatan Harus di Dalam dan Luar Sekolah

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ratna Puspita

Epidemiolog UGM dr Bayu Satria Wiratama menilai, pembelajaran tatap muka harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. (Foto: Pelajar antre menunggu vaksinasi Covid-19)
Epidemiolog UGM dr Bayu Satria Wiratama menilai, pembelajaran tatap muka harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat. (Foto: Pelajar antre menunggu vaksinasi Covid-19) | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kemendikbudristek menyatakan sekolah-sekolah yang masuk PPKM level 1-3 diizinkan membuka pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Epidemiolog UGM dr Bayu Satria Wiratama menilai, PTM harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Ia mengatakan, pembelajaran tatap muka di level manapun tetap harus memperhatikan protokol. Sebab, testing, tracing, dan treatment (3T) di seluruh wilayah Tanah Air belum berjalan baik meski sudah ada peningkatan jika dibanding sebelum PPKM.

"Semua level PPKM kalau PTM harus disiplin dengan protokol dan melaksanakan uji coba dulu, kemudian dievaluasi semua pihak, termasuk pihak kesehatan," kata Bayu, Selasa (1/9).

Selain itu, ia mengatakan, sistem tanggap Covid-19 di sekolah harus berjalan baik. Sistem ini harus bisa cepat mendeteksi siswa yang diduga terpapar, serta ditunjang pengawasan terkait kedisiplinan 5M dari semua warga sekolah, termasuk staf non-guru dan orang tua. 

Baca Juga

Ia juga mengingatkan agar sebagian besar warga sekolah yang terlibat PTM sudah divaksinasi. Ia menambahkan siswa yang menjalani PTM diharap sudah mendapatkan vaksin Covid-19 dan diimbau mematuhi atau disiplin menjalankan 5M baik saat di sekolah maupun di luar sekolah.

"Tidak boleh ada siswa yang hanya disiplin di dalam sekolah tapi di luar sekolah kendor karena siswa seperti itu beresiko tinggi jadi sumber penularan," ujar Bayu.

Bayu menambahkan, untuk warga sekolah lainnya juga diharapkan dapat disiplin protokol kesehatan baik selama berada di sekolah maupun di luar sekolah. Langkah tersebut diharapkan dapat mencegah penyebaran covid di lingkungan sekolah.

 

Terkait


Sekolah Belum Lolos Asesmen PTM Diminta Evaluasi

Satgas Jelaskan Perlindungan Tiga Aktivitas Berisiko

Kasus Positif Covid-19 di Sumbar Alami Tren Penurunan

Uni Eropa Capai Target Vaksinasi 70 Persen Penduduk Dewasa

Ahli: Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus Harus Jadi Pelajaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark