Rabu 01 Sep 2021 11:20 WIB

Tiket KA Bandara Yogyakarta Dijual Gratis Selama Sosialisasi

Pemberlakuan tarif Rp 0 berlaku pada periode 1-16 September 2021.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Kereta Api Bandara YIA. PT KAI membebaskan tarif KA Bandara YIA selama masa sosialisasi.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Kereta Api Bandara YIA. PT KAI membebaskan tarif KA Bandara YIA selama masa sosialisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menjual tiket KA Bandara Internasional Yogyakarta gratis atau tanpa tarif selama masa sosialisasi. Sebelumnya soft launching KA Bandara Internasional Yogyakarta sudah dilakukan pada 27 Agustus 2021. 

"Pemberlakuan tarif Rp 0 berlaku pada periode 1-16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (1/9). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, tiket KA Bandara Internasional Yogyakarta bisa didapatkan di loket stasiun lintas Yogyakarta-Bandara Internasional Yogyakarta mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan jaga jarak fisik. 

"KAI hanya menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas," ungkap Joni. 

Dia menegaskan, syarat untuk naik KA Bandara Internasional Yogyakarta sesuai SE Kemenhub Nomor 58 tahun 2021 adalah diperuntukkan bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal karena termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan. Pada saat boarding, kata Joni, penumpang diharuskan menujukkan STRP atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan.

Joni mengatakan, penumpang tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Hanya saja akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun.

"Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama," kata Joni menjelaskan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement