Rabu 01 Sep 2021 23:28 WIB

Kapolda Jateng: Peran Polwan Tangani Covid-19 Sangat Besar

Polwan Polda Jawa Tengah harus ada yang menjadi Kapolres.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kapolda Jateng: Peran Polwan Tangani Covid-19 Sangat Besar (ilustrasi).
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Kapolda Jateng: Peran Polwan Tangani Covid-19 Sangat Besar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Kiprah polisi wanita (polwan) dalam mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19 oleh Polda Jawa Tengah dinilai sangat besar. Bahkan profesionalisme polwan bisa disejajarkan dengan polisi pria.

Oleh karena itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi memberikan aprsiasi yang tinggi kepada jajaran polwan di lingkungan Polda Jawa Tengah. Bahkan kapolda juga mengaku tidak ragu untuk mendorong polwan menjadi Kapolres.

"Polwan Polda Jawa Tengah harus ada yang menjadi Kapolres," tandas Kapolda Jawa Tengah, saat menghadiri tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) Polwan Ke-73, yang dilaksanakan di Poncowati Hall Hotel Patra Semarang, Rabu (1/9).

Didampingi Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Pol Abioso Seno Aji, Ahmad Luthfi juga menyampaikan, dedikasi yang tinggi juga telah ditunjukkan oleh polwan Polda Jawa Tengah dalam mendukung penanganan pandemi Covid-19.

Kapolda mencontohkan Kabid Dokkes Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Dr dr Sumy Hastry Purwanti yang dinilai sangat berperan dalam penanganan lonjakan kasus Covid-19, yang terjadi di Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu.

"Penanganan krisis pandemi di Kudus,  dapat kita laksanakan dengan baik --salah satunya-- berkat inovasi yang dilakukan dr Hastry. Totalitasnya dalam bekerja juga patut diacungi jempol," ungkap Kapolda Jawa Tengah.

Berkat kinerja polwan yang luar biasa tersebut, tambahnya, peran Polda Jawa Tengah dalam membantu dan mendukung penanganan pandemi Covid-19 juga mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda juga menyinggung peran kodrati polwan sebagai istri sekaligus juga ibu rumah tangga. "Saya berharap peran ini berjalan seimbang, karena sukses di rumah tangga juga berpengaruh pada prestasi di kantor," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda dan Wakapolda Jawa Tengah juga  memberikan sejumlah penghargaan kepada enam polwan berprestasi serta hadiah bagi pemenang lomba v-log yang diselenggarakan oleh Polda Jawa Tengah.

Sejumlah polwan berprestasi itu antara lain, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang yang sukses membuat aplikasi pelayanan dan pengawasan online pengadaan (POLADA).

Berikutnya, Kompol Eka Yuniastuti dan Briptu Sri Budi Utami dari Bidhumas yang tampil menjadi Best Contributor Viral Pada Seluruh Platform Media Sosial, Iptu Dyan Wulandari yang sukses menangani perkara kriminalitas menonjol di Polres Karanganyar.

Selain itu juga Bripka Septiani Panca Pratiwi, bhabinkamtibmas Polres Pati yang berhasil membuat inovasi program sedekah sampah di wilayah penugasannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement