Kulonprogo Siap Selenggarakan Pembelajaran Tatap Muka

Red: Yusuf Assidiq

Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar mengajar saat pembelajaran tatap muka (PTM).
Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar mengajar saat pembelajaran tatap muka (PTM). | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID, KULONPROGO -- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, siap menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Pemkab tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat untuk pelaksanaannya.

 

Wakil Bupati Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan mayoritas sekolah di wilayah setempat juga sudah siap dengan sarana prasarana dan model pembelajaran yang aman dari penularan Covid-19.

 

"Pelaksanaan pembelajaran tatap muka tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat saja. Pemkab sudah memenuhi berbagai kesiapan untuk menggelar belajar tatap muka di tengah pandemi Covid-19," kata Fajar, Jumat (3/9).

 

Ia mengatakan berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) ada perihal persiapan pembelajaran tatap muka, vaksinasi harus menyasar pelajar. Kemudian, pemkab juga sudah menyiapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) juga sudah melaksanakan simulasi uji coba pelaksaan pembelajaran tatap muka. "Kemungkinan kalau ada penurunan level, akan dilaksanakan pembelajaran tatap muka. Saat ini, kami tetap mempersiapkan pembelajaran tatap muka, bersamaan percepatan vaksinasi bagi pelajar," katanya.

 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kulonprogo, Baning Rahayujati menyampaikan, untuk vaksinasi bagi pelajar pihaknya sudah menjangkau 80 persen sekolah di wilayah tersebut. Tingkat partisipasi siswa sekolah dalam percepatan vaksinasi pun juga tergolong tinggi.

 

Adapun capaian vaksinasi bagi siswa sekolah dengan rentang usia 12 tahun hingga 18 tahun. Hingga 2 September 2021, dari total 36.777 sasaran sudah 7.197 (19,57 persen) vaksin dosis pertama dan 3.609 (9,81 persen) dosis dosis kedua.

"Kami berusaha melakukan percepatan vaksinasi pelajar, sehingga dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka," ujarnya.

sumber : Antara.
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Sekolah Dilarang Paksa Wali Murid Beli Seragam Baru

389 Sekolah di Tangerang Siap Gelar PTM

Sudin Pendidikan Jaksel: 97 Persen Siswa Sudah Divaksinasi

Kemenag Terbitkan Panduan PTM di Madrasah dan Pesantren

Karikatur Opini: PTM Jangan Lengah!

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark