Selasa 07 Sep 2021 15:28 WIB

Jokowi Targetkan Vaksinasi Tiap Provinsi Capai 70 Persen

Jokowi targetkan vaksinasi capai 70 Persen penduduk tiap provinsi pada akhir tahun

Rep: Dessy Suciati Saputri / Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Pertamina
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan program vaksinasi Covid-19 di seluruh provinsi bisa mencapai hingga 70 persen pada akhir tahun ini. Khususnya untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan menjadi tuan rumah event internasional World Superbike pada November mendatang.

"Kita inginkan seluruh provinsi bisa tervaksin minimal 70 persen itu di akhir tahun ini. Syukur sebelum perhelatan terutama yang di sekitar venue sudah bisa diselesaikan," ujar Jokowi saat berdialog dengan sejumlah perwakilan dari berbagai daerah melalui video conference dalam kegiatan vaksinasi di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (7/9).

Baca Juga

Saat berdialog dengan Presiden, perwakilan dari Provinsi NTB mengaku siap untuk mempercepat proses penyuntikkan vaksin dengan target 15 ribu suntikan per hari guna mendukung pelaksanaan World Superbike. "Kami siap dan kami berkomitmen, TNI, Polri, pemerintah, batalyon vaksinator, dan lain-lain, 500 fasilitas kesehatan kami akan bergerak. Kalau 15 ribu kami suntikkan, Insya Allah satu bulan terpecahkan 70 persen dari angka populasi," kata perwakilan dari Provinsi NTB.

Presiden Jokowi berpesan agar stok vaksin yang ada di NTB dapat segera dihabiskan. Ia mengatakan akan meminta Menteri Kesehatan untuk memberikan prioritas vaksin ke NTB mengingat akan diselenggarakannya perhelatan internasional pada November mendatang dan juga event MotoGP pada tahun depan.

Saat berdialog bersama perwakilan daerah tersebut, Jokowi juga meminta agar percepatan vaksinasi terus dilakukan agar penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat segera dihentikan. Sedangkan, salah satu perwakilan dari Kota Palangkaraya menyampaikan, percepatan vaksinasi di Provinsi Kalimantan Tengah terus diupayakan dengan membagi tiga zona vaksinasi.

"Ada zona timur di Das Barito, zona tengah di Palangkaraya sendiri dan sekitarnya, kemudian zona barat di Das Kotawaringin," ucap perwakilan dari Kota Palangkaraya.

Ia menyebutkan, capaian vaksinasi di Provinsi Kalimantan Tengah terus meningkat. Menurutnya, capaian ini merupakan hasil sinergi dan kolaborasi dari TNI Polri dengan para vaksinator.

Presiden Jokowi pun kembali menitipkan pesan agar stok vaksin di Kalimantan Tengah dapat segera dihabiskan untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal.

"Sehingga kalau kurang langsung minta lagi ke Kemenkes agar segera selesai program vaksinasi kita, agar penyebaran Covid, penyebaran varian Delta betul-betul bisa kita hentikan di semua provinsi," ujar Jokowi.

Di akhir dialog, Jokowi berpesan agar tiap pasien Covid-19 dapat dirawat di tempat isolasi terpusat meskipun jumlah kasusnya hanya sedikit. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembali terjadinya penyebaran Covid-19.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement