Selasa 07 Sep 2021 18:10 WIB

Polisi Dalami Laporan Pungli Dana Insentif Pemakaman Covid

Polisi dalami laporan pungli dana insentif tim pemakaman Covid-19

Pemakaman pasien Covid-19 (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Pemakaman pasien Covid-19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Malang Kota tengah melakukan pendalaman terkait dugaan adanya laporan pungutan liar dan penyelewengan dana insentif tim pemakaman jenazah pasien positif Covid-19. Kapolresta Malang Kota, AKBP Budi Hermanto, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi terkait informasi yang telah dikeluarkan oleh Malang Corruption Watch (MCW) soal dugaan penyelewengan dana insentif tim pemakaman itu.

"Kita sudah berkoordinasi terhadap informasi itu. Saya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Malang, dan mendalami terkait informasi tersebut," kata Budi, Selasa (7/9).

Baca Juga

Budi menjelaskan, laporan yang dikeluarkan oleh MCW tersebut harus dilakukan pendalaman, bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Malang dan pihak Inspektorat Kota Malang. Menurutnya, dalam proses penyelidikan tersebut juga harus melakukan melibatkan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Polresta Malang Kota, saat ini masih berupaya melakukan pendalaman terkait dugaan pungutan liar dan penyelewengan insentif tersebut.

"Harus ada pendalaman. Jika tidak dilakukan pendalaman, bagaimana kita mengetahuinya. Harus ada keterlibatan AKIP. Masih penyelidikan," ujarnya.

Sebelumnya, MCW, dalam laporannya menyebutkan adanya dugaan penyelewengan, dan pungutan liar (pungli) dana insentif petugas pemakaman Covid-19. Lembaga tersebut menemukan beberapa penggali kubur tidak memperoleh hak kesejahteraannya secara penuh.

Dalam laporan tersebut, disebutkan bahwa di Pemakaman Plaosan Barat dan LA Sucipto Blimbing, Kota Malang, salah seorang penggali kubur melaporkan baru mendapatkan tiga kali pembayaran meskipun total penggalian kubur mencapai 11 kali. Peristiwa serupa juga terjadi di Pemakaman LA Sucipto Blimbing, Kota Malang. Petugas mengaku sudah melakukan penggalian lebih dari 30 makam. 

Namun saat ini, yang bersangkutan hanya menerima insentif Rp3 juta.Selain itu, juga ditemukan dugaan pungli dengan dalih syarat administrasi, dimana dari total nilai insentif sebesar Rp750 ribu, dilaporkan dipotong Rp100 ribu. Sehingga, petugas hanya mendapatkan insentif sebesar Rp650 ribu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement